Enam Judul Proposal STKIP Bone Kembali Lolos di PKM

oleh -1.203 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–STKIP Muhammadyah Bone berhasil meloloskan 6 judul proposal penelitian pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan memperoleh dana hibah penelitian dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

6 proposal tersebut terdiri dari 4 proposal lolos pada bidang PKM-Penelitian dan 2 proposal lolos pada bidang PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat.

Pencapaian prestasi dari keenam mahasiswa tersebut membawa nama baik institusi STKIP Muhammadiyah Bone Menjadi:

Top 20 Perguruan Tinggi di bawah naungan Muhammadiyah se-Indonesia dan satu-satunya Perguruan Tinggi Non-Universitas.

Ke-2 Terbanyak yang meloloskan mahasiswa PKM 5 Bidang Untuk Wilayah Indonesia Timur untuk PT Muhammadiyah.

Proposal terbanyak yang lolos PKM 5 Bidang Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se-Sulawesi Selatan.

Ke-3 terbanyak Lolos PKM 5 Bidang Perguruan Tinggi Swasta Se-LLDIKTI-IX.

Lolos Program kreativitas Mahasiswa dan mendapatkan dana hibah menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa karena telah mengukir prestasi yang luar biasa.

Salah satu TIM Mahasiswa yang lolos pada Bidang PKM-Penelitian yaitu TIM yang diketuai oleh Susi sulastri Mahasiswa Semester 8 Jurusan Pendidikan Ekonomi dengan dua anggotanya yaitu Hasriati Mahasiswa Semester 6 Jurusan Pendidikan Ekonomi dan A. Nurannisa FA Mahasiswa semester 4 Jurusan Pendidikan Matematika.

Mahasiswa tersebut mengajukan proposal penelitian dengan judul “Melatih Kemampuan Complex Problem Solving Siswa Melalui Pembelajaran LAPS-Talk-Ball terintegrasi Game Interaktif Berbasis Android”.

“Selama ini Android hanya digunakan oleh siswa untuk sekedar berselancar di dunia maya tanpa mereka tahu bahwa android tersebut ternyata dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Olehnya itu saya berinisiatif untuk mengintegrasikan android pada pembelajaran di kelas dan mengajukan judul proposal PKM dan Alhamdulillah lolos. Suatu kesyukuran dan kebanggaan sendiri bisa lolos karena saya tau untuk lolos PKM tidak mudah,”Tutur Susi Sulastri kepada media Tribun Bone, Ahad, 19 Mei 2019.

“Penelitian ini kami terapkan di SMAN 11 Bone kelas XI MIPA dan nampak bahwa siswa antusias belajar dengan menggunakan android mereka,” Tambah Hasriati didampingi Nurannisa.

Ide tersebut tidak terlepas dari bimbingan dan arahan Bapak A.M.Irfan Taufan Asfar, M.T., M.Pd yang telah memiliki banyak penelitian yang telah diseminarkan dan memiliki jurnal nasional maupun internaisonal yang selaku dosen pembimbing yang mengawal proposal Mahasiswa.

“Tidak gampang dan tidak kebetulan mahasiswa(i) lolos PKM 5 Bidang, proposal penelitian mereka dikawal dan direview selama 4 Bulan,”katanya.

Terkait kerja keras dan pantang menyerah dari mahasiswa(i), akhirnya mendapatkan hasil dari jerih payahnya.

“Rasa terima kasih tak terhingga juga atas dukungan segenap Civitas Akedemika STKIP Muhammadiyah Bone terutama Bidang Kemasiswaan dan Bidang Akademik yang senantiasa memberikan dukungan dan motivasi kepada seluruh dosen serta mahasiswa yang ikut dan terlibat dalam program PKM ini,” tambah A.Irfan.

Lolosnya PKM mahasiswa ini jg tdk terlepas dari dukungan, arahan dan bimbingan oleh Bapak A.M.Iqbal Akbar Asfar, M.T., M.Pd yg juga telah memiliki banyak penelitian.

Harapannya semoga dengan pengawalan dan pembimbingan yang terus dilakukan kepada mahasiswa yang lolos PKM mampu membawa mereka sampai PIMNAS. (Ipp_17)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.