Wagub Sulsel Dakwah “Riba” di Soppeng

oleh -1.365 x dibaca

SOPPENG, TRIBUNBONEONLINE.COM–Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaeman, ST berdakwah menyorot praktek riba yang saat ini marak ditengah masyarakat. Hal ini diungkapkan Wagub saat mengisi ceramah subuh di Masjid Agung Darussalam Watansoppeng, Jumat (24/5/19).

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaeman mengatakan, masih banyaknya di kalangan masyarakat yang belum paham ajaran Islam terkait dengan riba yang menghalalkan dalam ajaran Islam, jika hasil riba masuk dalam tubuh maka yang akan membersihkan ialah api neraka nantinya.

“Banyak masyarakat yang tidak paham mana yang riba mana yang halal dalam ajaran agama Islam. Padahal, jika ada riba yang masuk ke dalam tubuh kita maka yang bisa membersihkannya adalah api neraka,” ungkap A Sudirman.

Ia mencontohkan, beberapa praktek riba yang terjadi di tengah masyarakat, seperti praktek utang piutang dan investasi. “Bila memberi piutang kepada seseorang dan mengharapkan pengembalian yang lebih dari modal yang dipinjamkan maka itu sudah masuk dengan kategori riba. Begitu pula dengan investasi, bila melakukan investasi tanpa adanya risiko kerugian dan hanya menguntungkan pemilik modal, maka itu adalah riba,” jelas Sudirman.

Pelaku riba akan dibangkitkan pada hari kiamat kelak dalam keadaan seperti orang gila.Wahalallahu Baia Waharramallahu Ribaa, Allah halalkan jual beli tapi Allah haramkan riba.

Menurut Andi Sudirman, untuk menghindari riba dan utang piutang salah satu solusinya adalah menghindari sifat pamer dan memenuhi kebutuhan sesuai dengan keperluan
“Jangan karena ingin menyenangkan pandangan mata orang lain, kita mengabaikan pandangan mata kita sendiri dan memenuhi kebutuhan bukan berdasarkan keperluan tapi berdasarkan keinginan. Inilah salah satu penyebab kita terjebak dalam utang piutang dan riba,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Wagub Sulsel juga memberi apresiasi positif terhadap kinerja Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak, SE.

“Bupati Soppeng adalah Bupati yang luar biasa dan tanggap, setiap ada tugas yang diterimanya, selalu dilaksanakan dengan baik dan cepat. Seperti saat saya tawarkan, apakah ada program jalan yang bisa di bawa ke Soppeng, tanpa pikir panjang beliau langsung merespon. Model pemerintahan seperti ini yang baik, ada sinergitas antara pemerintah yang di bawah dan pemerintahan yang di tingkat atas, ” kata Andi Sudirman Sulaiman, ST.

Selain itu, Wagub juga menyinggung adanya Bendungan yang rusak di Soppeng dan langsung memerintahkan stafnya untuk mencatat untuk ditindak lanjuti kedepan.

“Kebetulan ada staf saya yang ikut, saya suruh catat ini mudah mudahan bisa diperbaiki tahun depan. Kalau staf saya lupa mencatat, maka dia nanti yang akan saya catat,” ujar Sudirman sambil berseloroh.

Hadir dalam salat subuh berjamaah ini, Bupati Soppeng,H A Kaswadi Razak, SE, Sekda Soppeng Drs HA Tenri Sessu, Forkopimda dan SKPD.(Mansyur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.