Mahasiswa STIP YAPI Bone KKN di Cenrana

oleh -1.905 x dibaca

CENRANA, TRIBUNBONEONLINE.COM–Memasuki awal Ramadan 1440 H, tepatnya 29 April 2019 lalu, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian YAPI Bone melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone.

Yang mana Mahasiswa peserta KKN bersama Dosen Supervisor STIP YAPI Bone dan tim supervisi yang terdiri Andi Murniati.S.TP,MP (Dosen Agroteknologi) serta Syainullah Wahana,S.Pi,M.Si (Dosen Agrobisnis Perikanan) bersama Ketua Prodi Agrobisnis Perikanan Yusnan Suyuti,S.Pi,M.Si beserta staf STIP YAPI Bone diterima langsung oleh Pemerintah Kecamatan Cenrana. Yang selanjutnya pada hari itu juga mereka menuju Desa Awang Cenrana dan Desa Cakkeware Kecamatan Cenrana, dimana dua desa ini menjadi lokasi KKN selama dua bulan bagi Mahasiswa STIP YAPI Bone.

“Pelaksanaan KKN merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat ataupun sebagai salah satu bentuk pengaplikasian ilmu teoritis secara langsung dilapangan yang selanjutnya direalisasikan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata yang merupakan pengalaman ilmu yang mana menuntut mahasiswa STIP YAPI Bone kepada pola pikir interdisiplin dan komprehensif,” ungkap Andi Murniati,S.TP,MP selaku Dosen Supervisi.

Memanfaatkan momen Ramadan, Mahasiswa peserta KKN STIP YAPI Bone melakukan beberapa program yang bersentuhan langsung dengan kegiatan keagamaan terutama pada anak usia SD (Sekolah Dasar) dengan melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan lomba diantaranya menghafal Surah-surah pendek, Tadarruz dan lomba Adzan.

Selain itu, masih ada sejumlah program yang sementara terjadwal pelaksanaannya seperti, Program Pelatihan Kepemimpinan, Penyuluhan dibidang Perikanan dan Pertanian, Pembinaan Teknis Budidaya Tanaman Pangan Skala Kecil Rumah Tangga di Pekarangan Rumah, Alternatif Usaha Sektor Ekonomi Masyarakat yang belum terjamah, serta BAKSOS (Bakti Sosial), pelestarian dan memanfaatkan potensi sumberdaya alam desa yang menghasilkan teknologi tepat guna skala rumah tangga yang terdapat dilingkungan masyarakat desa.

Sasaran dari program mahasiswa KKN yaitu pada masyarakat nelayan dan petani, warga desa yang bersinergi dalam program pemerintah setempat yang bekerjasama dengan Kepala Desa, Kepala Dusun, Sekertaris Desa beserta staff dan jajarannya, Serta penyuluh pertanian dan perikanan desa, Imam Masjid dan Tokoh Masyarakat di lingkungan Desa.

“Kegiatan KKN ini berlokasi di dua Desa Kecamatan Cenrana yakni, Desa Awang Cenrana dan Dessa cakkeware. Mengingat dua lokasi ini sesuai dengan keilmuan dari Mahasiswa peserta KKN yakni, Pertanian dan Perikanan. Banyak potensi-potensi desa yang perlu digarap dengan baik sehingga masyarakat nantinya bisa memanfaatkan dua potensi yang ada disana” tegas Andi Murniati,S.TP.MP yang merupakan Waka 3 STIP YAPI Bone ini.(aco/ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.