Mahasiwa UNM Perkenalkan Alat Pendeteksi Banjir

oleh -1.164 x dibaca

BULUKUMBA, TRIBUNBONEONLINE.COM-Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) Tahun 2019 menyelenggarakan Seminar Program Kerja dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Teknologi Informasi untuk Pembudayaan Sikap, Keterampilan dan Strategi Adaptasi dalam Menghadapi Bencana di Daerah Pesisir Pantai Kab. Bulukumba” di Kantor Desa Salemba Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba, Rabu (17/07).

Tidak hanya Seminar Program Kerja, Peserta KKN Desa Salemba turut melaksanakan Seminar Pengenalan Alat Pendeteksi Banjir yang juga menjadi bagian dalam program kerja.

Koordinator Desa, Haswandi mengungkapkan bahwa seminar tersebut dilakukan untuk mengenalkan dan mensosialisasikan fungsi serta prinsip kerja alat yang dapat mendeteksi kenaikan muka air sungai maupun laut di Desa Salemba yang merupakan lokasi rawan banjir. Sehingga, diharapkan alat tersebut mampu membantu mengurangi risiko bencana banjir di Desa Salemba.

“Jadi belum ada kegiatan untuk pemasangan disini, nanti misalkan kedepannya warga masyarakat khususnya Desa Salemba menerima dengan baik, merespon dengan baik kemungkinan akan ada pemasangan nantinya,” ungkap pria asal Palopo ini.

Salah satu Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sekaligus salah seorang peserta seminar, Jayadi mengaku tertarik dengan alat tersebut. Menurut Jayadi, alat tersebut sangat berguna untuk masyarakat Desa Salemba dalam mempersiapkan diri menghadapi banjir.

“Kan sebelum-sebelumnya kan sudah naik mi memang banjir baru kita tau, kalau ada mi ini alat kan bisa kita siap-siap menghadapi banjir toh,” jelasnya.

Jayadi juga menambahkan bahwa apabila alat seperti itu telah ada di Desa Salemba, hal tersebut dapat meringankan pihak kabupaten dalam turun tangan membantu masyarakat Desa Salemba karena masyarakat dapat lebih waspada banjir. “Sebelum-sebelumnya kan langsung dari kabupaten bantuannya toh, semuanya dari bawah,” ujarnya.

Tidak hanya Seminar Program Kerja dan Pengenalan Alat Pendeteksi Banjir, peserta KKN PPM Bulukumba juga akan menggelar Seminar Mitigasi Bencana pada Jumat (02/08) mendatang. (Mg4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.