UPT Puskesmas Watampone Lolos Nominator Top 10 Festival Inovasi

oleh -1.719 x dibaca

-Usung Program “Gerbak Siar”

TRIBUNBONEONLINE, BONE.–Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Watampone tampil sebagai salah satu Nominator Top 10 pada ajang Festival Inovasi pelayanan publik dan produk inovasi kewirausahaan yang digelar Badan Penelitian dan Pengembagan Daerah (Balitbanda) Kabupaten Bone.

Festival Inovasi yang dirangkaikan dengan pameran dan presentasi nominator Top 10 itu berlangsung di Makassar Room Novena Hotel, Selasa (13/8).

Kepala Puskesmas drg. Hj. Syamsiar, M.Kes mengatakan, program inovasi Gerbak Siar yang dilaksanakan itu adalah sebagai wujud implementasi Perda Bupati Bone No.1 Tahun 2019 yakni Bone bebas asap rokok.

“Program gerakan rumah bebas asa rokok atau “Gerbak” itu sudah berjalan sejak 2016 dan Program senyum indah tanpa rokok atau “Siar” di tahun 2018. Kita sudah melakukan pembinaan 25 warga dilingkungan Bila-Bilae Kelurahan Macanang untuk diberikan penyuluhan,” ujar Hj. Syamsiar.

Selain itu Syamsiar menyebutkan dari perwujudan program tersebut sebanyak 146 rumah tangga dan yang mau berkomiten 113 orang. “Setelah program ini terus berjalan pada 2016 sudah ada 28 orang berkomitmen dan di 2018 sebanyak 71 persen orang yang sudah tidak merokok di rumah,” ungkap Syamsiar.

Lebih jauh Syamsiar menjelaskan terkait program SIAR itu adalah sentuhan kesehatan gigi dan mulut dengan melakukan pemeriksaan OHIS sebagai langka awal. “Kami telah melakukan penyuluhan dan demonstrasi pembersihan karang gigi, dari hasil sosialisasi itu, dari 25 orang ada 5 orang berkomitmen berhenti merokok,” ujarnya.(Ilo/Sug)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.