Pemdes Libureng Gelar Bimtek Forum Anak

oleh -2.145 x dibaca
Berfoto bersama Camat Tonra Andi Bambang Hermanto, Ketua Tim Penggerak PKK Kec Tonra. Kades Libureng dan para peserta bimtek.

TONRA, TRIBUNBONEONLINE.COM–Pemdes Libureng menggelar Bimtek Forum Anak tentang penanaman nilai-nilai luhur budaya bangsa, nasionalisme, patriotisme, serta pengembangan karakter bangsa, patut ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Melalui Penguatan Forum Anak, Ahad (22/9/19).

Bungamawar, S.Pd, selaku panitia melaporkan, bimtek Forum Anak ini terlaksana atas respon masyarakat yang disetujui oleh BPD sehingga pada hari ini bisa dilaksanakan yang dihadiri langsung Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Adapun sumber pendanaan bimtek ini berasal dari APBDes tahun anggaran 2019.

Kepala Desa Libureng, Andi Sudarno, BA yang didampingi Sekretaris Desa, Jumtu Alam A.Azis dalam  sambutannya mengatakan, bimtek Forum Anak ini dilaksanakan agar anak-anak yang ada di Desa Libureng bisa mengerti dan memahami apa yang menjadi hak dan kewajibannya. Melalui kegiatan ini nantinya anak-anak akan mengerti seperti apa peran mereka dalam pembangunan.

Lanjut Sudarno, sejak dua tahun lalu Desa Libureng telah menganggarkan dalam APBDes dan kita libatkan forum anak dalam pembahasan pra musrenbang. Kita berikan kesempatan kepada anak-anak kita untuk menyampaikan masukan dan usulannya.

“Sudah dua tahun kami anggarkan untuk forum anak di Desa Libureng,” ujar Kades Libureng yang disambut aplaus dari peserta bimtek, yang bertempat di aula kantor Desa Libureng.

Sudarno berharap, agar forum anak ini mampu berbuat dan ikutserta dalam membangun serta memajukan Desa Libureng, sehingga kedepannya akan lebih baik lagi.

Plt Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Bone, Hj And Nurmalia, SH sangat mengapresiasi kegiatan pemdes Libureng Kec. Tonra yang dinakhodai Andi Sudarno. Mengapa tidak, perhatian Pemdes Libureng terhadap forum anak, sangat peduli dengan kepentingan anak-anak kita sehingga kegiatan bimtek dapat terlaksana. ” Saya sangat mengapresiasi pemdes Libureng, begitu besar perhatiannya terhadap kepentingan anak-anak kita yang ada di Desa Libureng bahkan ikut terlibat dalam pra musrenbang, ini suatu langkah maju yang patut dicontoh oleh desa lain,” ungkap puang Lia sapaan akrab ibu kadis.

Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Hj Andi Nurmalia membuka bintek tersebut.

Ditambahkan Andi Nurmalia, sebenarnya dirinya belum lama ini telah dilantik menduduki jabatan barunya sebagai Kepala Litbangda Kab. Bone, namun jabatan yang ditinggalkan belum diisi maka kami masih diberi kepercayaan untuk melaksanakan tugas-tugas di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi tentang hak-hak anak dan kewajiban anak dalam forum anak yang dibawakan oleh pemerhati anak Kab. Bone yang dipandu Andi Lisnawati yang juga salah satu kasi di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Bone.

Materi yang disampaikan pada bimtek itu diantaranya tentang gambaran dari lima klaster dalam Konvensi Hak Anak, yaitu hak sipil dan kebebasan; keluarga dan pengasuhan alternatif; kesehatan dan kesejahteraan sosial; pendidikan, waktu luang dan kegiatan budaya; serta perlindungan khusus.

Lima klaster itu  yang disampaikan akan dipelajari para peserta forum anak Desa Libureng dan memberikan motivasi  serta dorongan agar bisa berkreasi dan berinovasi dari para narasumber yang hadir. Puluhan forum anak Desa Libureng yang mengikuti bimtek tersebut.

Nara sumber menyampaikan isu isu tentang bencana, pencanangan dampak negatif, teknologi informasi dan komunikasi, perkawinan usia anak, pengasuhan alternatif serta prilaku hidup dan sehat.

penulis anwar

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.