Maddengeng di Zhumpalabbu

oleh -1.774 x dibaca

BENGO, TRIBUNBONEONLINE.COM–Zhumpalabbu kembali adakan tradisi Maddengeng (memburu babi) pada Kamis, 26 September 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya di daerah Gunung Zhumpalabbu Desa Liliriawang Kec. Bengo. Kegiatan maddengeng selalu diadakan berkat dukungan dan bantuan masyarakat Liliriawang dan Kepala Desa Liliriawang, Sunding,.SH. Dalam kegiatan Maddengeng (memburu babi) tidak hanya dihadiri oleh masyarakat Liliriawang, namun dari kecamatan lain pun datang untuk memburu babi.

Dalam kegiatan ini masyarakat berhasil musnahkan delapan ekor babi hutan dan daging babi hutan tersebut diberikan kepada masyarakat yang memiliki anjing peliharaan, kemudian daging babi itu untuk makanan anjing.

Kemudian keberuntungan para pemburu babi yang membawa anjing untuk memburu babi di Zhumpalabbu karena 18 orang tim vaksinator dari Dinas Peternakan Kab. Bone datang langsung di lokasi untuk memberikan vakzinasi rabies anjing, hal ini dilakukan agar kesehatan anjing yang dipelihara oleh masyrakat tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Irwan, Sekretaris Desa Liliriawang selaku penyelenggara dalam kegiatan Maddengeng mengungkapkan, dalam kegiatan Maddengeng (memburu babi) kami laksanakan setiap tahunnya dan kami melakukan penyampaian kepada masyarakat dari desa tetangga atau kecamatan lain untuk datang maddengeng di Zhumpalabbu,dan juga kami menghimbau warga Liliriawang membuat buras untuk makanan para paddengeng yang datang di daerah kami.

“Ucapan terima kasih kepada para paddengeng (pemburu babi) yang sempat hadir dan masyarakat Liliriawang atas bantuan dan kerja samanya sehingga pelaksanaan maddengeng aman, tertib dan lancar,” tutur Irwan. (Aswar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.