Tak Lama Lagi, Kantor Imigrasi Berdiri di Bone

oleh -1,385 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Dodi Karnida berkunjung ke Kabupaten Bone, Kamis, 6 Agustus 2020.

Saat berkunjung ke Kabupaten Bone, Dodi disambut langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Bone, Drs H Andi Islamuddin yang didampingi Kalapas Bone, Lukman Amin dan Asisten 1 Drs H Andi Muh Yamin Tahir, M.Si.

Selain berkunjung, Kepala Devisi Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM ke Bone juga bersilaturahmi dengan pemerintah daerah sekaligus membahas seputar potensi pelayanan keimigrasian di Kabupaten Bone yang selama ini untuk kepentingan jasa keimigrasian, belum ada di Kabupaten Bone, jadi masyarakat Bone biasa mengurus di Kantor Imigrasi (Kanim) Makassar atau Parepare.

BACA JUGA:  HUT Ke-64 Kodam XIV/Hsn Begini Aksi Sosial Korem Toddoouli

Dalam pertemuan tersebut, Dodi menawarkan pendirian Unit Kerja Kantor Imigrasi (UKKI) yang merupakan cikal bakal berdirinya kantor imigrasi sehingga dalam UKKI tersebut terdapat pelayanan paspor untuk WNI maupun pelayanan izin tinggal untuk WNA.

Dalam keterangannya, Dodi menyatakan, untuk pendirian UKKI ini semua sarana dan prasarana disediakan oleh pemerintah daerah sedangkan pihak imigrasi hanya menyiapkan satu atau dua petugas penyedia dan kesisteman saja.

“Jadi gedung perkantoran dan semua isinya, pemeliharaanya serta pegawainya disediakan pemerintah daerah dan setelah lama beroperasi nanti, statusnya akan ditingkatkan menjadi kantor imigrasi setelah sebelumnya mendapat persetujuan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB dan Kementerian Keuangan,” kata Dodi.

BACA JUGA:  Atensi PC PGRI TR Timur dan Awangpone Bakti Sosial di Kawasan Dermaga Bajoe

Lanjut dia, jika sudah terdapat kantor imigrasi di Bone maka ini akan menjadi kantor imigrasi yang keempat di Sulawesi Selatan setelah Makassar, Parepare dan Palopo.

“Setelah kantor imigasi berdiri nanti, maka keperluan keimigrasian bagi masyarakat tidak akan mahal dan lama, serta tidak perlu lagi ke Makassar atau Parepare tetapi cukup di Bone saja,tambahnya.

Setelah pertemuan tersebut, Dodi bersama Kalapas Watampone meninjau ruangan yang disediakan untuk layanan sementara Imigrasi di dalam kompleks Masjid Almarkaz Al Ma’arif.

Selanjutnya Dodi melakukan kunjungan ke Lapas Watampone dimana pada tahun 2019 lalu meraih predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan ia optimistis tahun 2020 ini Lapas Watampone dapat meraih predikat tertinggi Reformasi Birokrasi yaitu Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).(cs)

BACA JUGA:  Ratusan Penjemput Desak-Desakan Menunggu Jamaah Haji

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.