Lebih Dekat Dengan Hadi Sarjono

oleh -665 x dibaca

Warga Kadai Yang Terus Berinovasi di Bidang Pertanian

MARE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Warga Desa Kadai Kecamatan Mare Kabupaten Bone, Hadi Sarjono merupakan salah seorang petani yang terus berinovasi di bidang pertanian. Bukan hanya dalam pengadaan herbisida (Sar2tani), Sarjono sapaan akrabnya juga tak hentinya berkreasi dalam pengadaan berbagai varietas unggulan.

Setelah sukses melakukan penangkaran Sentani 13, beras hitam dan varietas unggulan lainnya, untuk masa tanam tahun 2020 ini, Sarjono kembali melakukan penangkaran bibit unggul yakni, Rajasa 01.

Yang mana benih padi unggulan yang didatangkan dari Aceh ini dikenal dengan padi 1.000 (seribu) bulir dengan malai (male) ukuran super besar. Olehnya, jika dirawat dengan baik dan benar, dengan menanam bibit unggulan ini, petani bisa mendapatkan hasil 10 ton untuk per hektarnya.

“Selain hasil panen lebih banyak, masih ada berbagai keunggulan yang dimiliki varietas Rajasa 01 ini termasuk tahan terhadap penyakit (hama). Dan ini terbukti, disaaat tanaman padi lainnya bahkan yang pas berada disebelahnya terkena wereng, namun alhamdulillah tanaman padi yang merupakan bibit Rajasa 01 ini tidak sampai terkena atau dalam keadaan baik-baik saja,” ungkapnya.

Bagi petani yang berminat ingin ikut membudidayakan varietas unggulan Rajasa 01, sekiranya bisa datang langsung di kediaman Hadi Sarjono di jalan poros Bone-Sinjai, tepatnya di Bakkeaju Desa Kadai Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Yang tentunya dengan harga bibit yang cukup bersahabat alias cukup terjangkau.

Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Sarjono menyarankan jika dalam membudidayakannya, sebaiknya dikembangkan dengan menggunakan sistem tanam berjarak serta memadukannya dengan menggunakan pupuk organik cair Sar2tani.

Karena menurutnya, selain merangsang buah, pupuk organik cair Sar2tani juga berfungsi menggemburkan lahan dan menguatkan batang padi hingga tanaman tidak mudah rebah. Bukan hanya itu, dengan menggunakan pupuk cair Sar2tani, petani dapat melakukan penghematan biaya.

“Dengan menggunakan pupuk organik cair Sar2tani, dapat menghemat pemakaian pupuk kimia serta meningkatkan hasil produksi. Bahkan fungsi pupuk cair Sar2tani ini juga bisa memperkuat batang sehingga tidak mudah rebah,” pungkasnya.

Penulis : Edy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.