Komunitas Bone Sepeda Tua Berjuang Untuk Lestarikan Sepeda Onthel

oleh -567 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Sepeda onthel kini mulai jarang terlihat di jalanan termasuk di Kabupaten Bone.

Mengingat langkanya sepeda onthel, kini muncul sejumlah komunitas sepeda yang ingin kembali melestarikannya. Salah satunya Komunitas Bone Sepeda Tua Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan.

“Sebenarnya Komunitas Sepeda Tua Bone (Bonesta Community) terbentuk sejak sembilan tahun lalu, namun aktif kembali kurang lebih tiga tahun terakhir ini,” ungkap Akmal Kimal Ketua Komunitas Bone Sepeda Tua kepada Tribun Bone Sabtu malam, 29 Agustus 2020..

Bonesta Community ini terbentuk dengan maksud untuk melestarikan keberadaan sepeda tua dengan memperkenalkan kepada para generasi muda.

“Kami sengaja melestarikan keberadaan sepeda onthel, dengan tujuan selain berolahraga ingin kembali melestarikan kendaraan tempo dulu, jangan sampai munculnya sepeda modern sepeda onthel ini akan punah. Karena sepeda onthel ini adalah salah satu alat transportasi masa lalu, kendaraan yang membantu para orang-orang tua bahkan para pejuang kita,” katanya.

Akmal Kimal mengatakan selain bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan keberadaan sepeda onthel, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengenalkan kepada anak generasi muda untuk mengetahui sejarah kendaraan masa lalu.

“Harapan kepada pemerintah khususnya Kabupaten Bone agar bisa memberikan kami support untuk tetap menjaga, melestarikan sepeda tua ini serta memberikan kegiatan-kegiatan tentang bagaimana cara membudayakan sepeda tua ini,” harap Akmal Kimal.

Penulis : Irfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.