Terobosan Baru, ASKAB PSSI Bone Adakan Kursus Pelatih Lisensi D Nasional

oleh -105 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Sesuai dengan hasil pertemuan awal Agustus 2020, bahwa ada beberapa terobosan baru yang bakal dilaksanakan oleh ASKAB PSSI Bone.

Salah satunya adalah kursus pelatih di Bumi Arung Palakka. Hal itu tinggal menghitung hari lagi bakal terlaksana di Kabupaten Bone.

Sebelum, dilaksanakan kegiatan kursus pelatih tentunya ASKAB PSSI Bone lebih mempersiapkan diri secara matang agar agenda kursus pelatih dapat terlaksana sesuai dengan harapan.

Dari pantauan media ini, telah dilaksanakan pertemuan ASKAB PSSI Bone dengan calon peserta kursus pelatih di Kantor KONI Kabupaten Bone pada Jum’at, 4 September 2020.

Dalam kesempatan itu, langsung dihadiri oleh Ketua KONI Kabupaten Bone, Drs. Andi Haidar, M.M, Sekretaris PSSI Bone, Andi Supriadi, SE, Esco PSSI Usman, S.Pd, dan para calon peserta kursus pelatih dari perwakilan kecamatan di Kabupaten Bone.

PSSI Kabupaten Bone akan mengadakan kursus pelatih lisensi D Nasional yang akan digelar pada Oktober 2020 mendatang.

“Rencananya akan diadakan bulan ini, namun terkendala rekomendasi dari pusat untuk Instruktur. Sehingga kegiatan akan dilaksanakan pada Oktober mendatang sesuai dengan rekomendasi nantinya,” ungkap Andi Supriadi.

Menurut Sekretaris PSSI Bone ini, bahwa kegiatan akan dilaksanakan kursus pelatih berkat dari support dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bone.

“Bahwa ini lahir dari pada saat menyikapi sambutan bapak Bupati Bone saat membuka kejuaraan di Tonra, beliau langsung mengapresiasi bahwa tidak akan lahir pemain jika tidak dari SSB. Pada saat kami audiens dengan Bupati Bone menyarankan untuk melakukan pelatihan Pelatih mewakili kecamatan masing-masing,” jelasnya.

Andi Supriadi juga menyampaikan, bahwa peserta memiliki PR yang akan dilaksanakan nantinya setelah kursus pelatih Lisensi D.

“Ada PR yang harus dilaksanakan nantinya, karena program PSSI pusat akan digulirkan liga siswa Indonesia dengan usia 14 dan 16 tahun yang merupakan pelajar SMP dan SMA, Karena ini berjenjang yang juara di Kabupaten bakal mewakili ke Propinsi danjuara propinsi lolos ke Nasional. Sehingga kita harus komitmen harus menghidupkan SSB di kecamatan masing-masing,” pungkasnya.

Dimana setelah mengikuti kepelatihan tersebut para pelatih di Bone akan mengetahui dasar-dasar melatih dengan baik dan benar.

“Diharapkan usai mendapat ilmu dari kursus nantinya, para pelatih dapat mengajarkan cara bermain sepakbola yang benar kepada para peserta didiknya,” ujarnya.

Lisensi D sendiri merupakan tingkat paling dasar dalam struktur kepelatihan sepakbola di Indonesia.

“Kendati dikhususkan untuk pelatih SSB, tetapi lisensi tersebut juga bisa digunakan melatih klub level atas lagi. Hanya saja tidak menjadi pelatih kepala melainkan asisten pelatih, jika memang diharuskan Pelatih berlisensi C atau B maka kita akan usahakan yang Lisensi D bisa menjadi asisten pelatih,” jelasnya.

Dalam kursus lisensi D itu, para peserta cukup mendapat rekomendasi dari Pemerintah Kecamatan dan Ketua PSSI Kecamatan masing-masing.

“Dan perlu diketahui bahwa kegiatan kita ini disubsidi dari Pemerintah Daerah melalui KONI Bone untuk melakukan kursus pelatih Lisensi D Nasional. Sehingga patut bersyukur atas subsidi dari pemerintah untuk melakukan pelatihan Pelatih karena tidak semua bisa melakukan kegiatan seperti ini disubsidi oleh pemerintah daerah. Maka peserta hanya mendapat rekomendasi dari Pemerintah Kecamatan dan Ketua PSSI kecamatan nya masing-masing yang mendapatkan subsidi dari pemerintah untuk mengikuti pelatihan Pelatih,” tambah nya. (Ipp_17)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.