Tim PKM-M STKIP Bone Rancang Sci-Co di TK

oleh -47 x dibaca

KAHU, TRIBUNBONEONLINE.COM–Sekaitan lolosnya beberapa Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) STKIP Muhammadiyah Bone untuk bersaing di kancah nasional bersaing dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia yang didanai oleh Dirjen Belmawa Kemendikbud, program ini mampu menstimulus mahasiswa untuk aktif dan inovatif khususnya dalam menghadirkan konsep pembelajaran yang meaningfull learning.

Dari rilis yang diterima, Selasa, 15 September 20202, PKM kali ini sangat berbeda dari tahun-tahun pelaksanaan sebelumnya, dimana semua tim diwajibkan melakukan perancangan dan konseptualisasi ide dengan full daring.

Proses daring dilakukan tidak hanya sebatas konsep produk, tetapi antar anggota tim dan pendampingan oleh Dosen Pendamping juga wajib dalam bentuk daring. Hal ini tidak menyurutkan salah satu tim STKIP Muhammadiyah Bone yang lolos pendanaan Simbelmawa Kemendikbud skema Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) dengan rancangan konsep Science Corner (Sci-Co) di Taman Kanak-Kanak (TK) PGRI Kelurahan Palattae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone.

“Pembelajaran sains atau IPA bukan lagi diajarkan ketika di SD hingga SMA, tetapi membelajarkan sedari dini kepada adik-adik di TK akan menstimulus untuk memahami fenomena-fenomena alam yang sering mereka jumpai di lingkungan rumah dan sekitarnya apalagi jika diperkenalkan konsep sains dalam bentuk alat peraga yang menarik,” ucap Adji Syaifullah sebagai gawang Tim PKM-M STKIP yang saat ini mengambil studi Teknologi Pendidikan Semester 3.

Hal senada diungkapkan pula rekan timnya, A.Nurannisa dari Pendidikan Matematika, konsep science corner (Sci-Co)merupakan konsep alat peraga bantu berbasis visual image yang sangat menarik dan mudah untuk diterapkan oleh Guru Pengajar di TK dalam membelajarkan apa saja tidak terbatas hanya pada sains saja apalagi rancangan kami lengkapi buku panduan dan materi yang dapat diakses melalui luring serta daring.

Tim yang diberi nama Sci-Co yang merupakan singkatan dari Science Corner ini terdiri dari empat mahasiswa kreatif yaitu Adji Syaifullah (Teknologi Pendidikan), A.Nurannisa F.A (Pendidikan Matematika), Marlina (Pendidikan Matematika), dan Siti Nurjannah (Teknologi Pendidikan).

Keempat mahasiswa ini yang baru memulai masuk semester 3 dan semester 7 ini tetap bahu membahu melakukan koordinasi untuk aktualisasi konsep mereka meskipun sepenuhnya melalui daring. “PKM ini sepenuh daring, tapi tidak menyurutkan kami untuk tetap semangat mengejar luaran dan target kami hingga tanggal 30 September 2020 beberapa minggu lagi dan progress kami sudah mencapai 80%,” ungkap Marlina.

“Kami akan selalu kompak untuk dapat tembus PIMNAS dan meraih Medali emas serta mendiseminasikan konsep Science Corner kami di semua TK di Indonesia khususnya di Kabupaten Bone,” tambah Siti Nurjannah. (*/Ipp_17)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.