Kades Poleonro Dekat Dengan Warganya

oleh -532 x dibaca

PONRE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Jabatan Kepala Desa (Kades) menjadi ujung tombak pelayanan masyarakat. Selain itu, kehadiran kades menjadi sistem penggerak pembangunan dan kemajuan Desa.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Poleonro Kecamatan Ponre, Kab Bone Andi Ahmad Saleh Arjan kepada Tribun Bone, Ahad, 4 Oktober 2020. Apapun program kerjanya membangun desa tidak akan berarti apa-apa tanpa ada dukungan dan peran masyarakat. Sehingga keberhasilan kades memimpin desanya adalah cermin sinergitas antara kades dengan masyarakat dan unsur pemerintahan yang ada di pemerintah desa.

Menurut Andi Saleh, dalam tantangan kehidupan demokrasi figur kades masih menjadi panutan bagi wwrganya. Karena seorang kades lebih dekat dan setiap hari berurusan dengan kepentingan masyarakat.

Dia mencontohkan, saat ada warga membutuhkan KTP, Kartun Keluarga (KK) atau acara hajatan selalu berkoordinasi dengan kades. Dan dipastikan seorang kepala desa dalam situasi apapun akan melaksanakan tugasnya untuk mengakomodasi kepentingan warganya.

“Ya kami dipilih masyarakat, jadi kami harus mengemban amanah dan kepercayaan masyarakat. Kepala desa adalah pelayan masyarakat, sekaligus menjadi pelindung dan pengayom warga.

Ia juga menjelaskan, kades ibarat dua sisi mata uang. Selain bertanggung jawab melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan desa, kades juga harus ikut menyukseskan setiap momentum politik.

“Dalam penyelenggaraan pesta demokrasi, baik pilkada, pileg maupun pilpres, kami dituntut menyukseskan demokrasi. Kami harus ciptakan situasi kondusif daerah, secara institusi, kades menjaga netralitas. Namun jangan sampai mengabaikan hak pilih untuk menentukan setiap figur pemimpin kabupaten, provinsi maupun negara,” jelasnya.

Sementara itu, Jamal, salah seorang warga Poleonro menyampaikan, kalau soal loyalitas, dedikasi kades dalam membangun tidak diragukan lagi. Sebab satu-satunya jabatan yang dekat dengan masyarakat tanpa batas dan jarak.

“Tanpa kehadiran kades, maka tidak bisa dibayangkan, sehingga warga menyadari hal tersebut. Sosok kades adalah amanah dan tanggung jawab sebagai pemimpin desa. Kades adalah leadership atau pemimpin desa tanpa jarak”, pungkasnya.

Penulis : Arjun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.