Kemampuan Mengelola Keuangan Belum Akuntabel

oleh -623 x dibaca

– Bimtek Pengelolaan Keuangan Bagi BUMDes dan BUMDESMA

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM– “Desa di Kabupaten Bone saat ini hampir seluruhnya membentuk BUMDes sebagaimana yang diamanatkan UU No. 6 tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa, namun persoalan muncul dan terbentuknya BUMDes di masing- masing desa disebabkan pengelola BUMDes dipilih oleh masyarakat, kemampuan mengelolah keuangan masih belum menampakkan hasil yang baik dan akuntabel,” ungkap Sekda Bone, Drs H Andi Islamuddin saat memberikan sambutan sekaligus membuka Bimtek Pengelolaan Keuangan di Hotel Helios, Ahad (4/10) sore kemarin.

“Rendahnya daya ungkit dan dan daya dorong ekonomi desa terhadap perkembangan ekonomi desa, namun fakta yang ada tidak sesui kejadian di lapangan, dengan sumber daya keuangan dan modal yang ada harus didukung sumberdaya manusia yang cerdas dan memiliki kemampuan, salah satu kemampuan yang diharapkan adalah bagaimana mengelolah keuangan dengan catatan sederhana tapi dapat dipahami dan dimengeri oleh semua pihak yang berkepentingan,” tutur Sekda Bone.

Ketua FKKPB Kabupaten Bone, Muhammad Ilham, SE melaporkan, tujuan dilakukannya bimtek kepada pengurus BUMDes dan BUMDESMA, dan Bimtek tersebut merupakan hal wajib bagi pengurus BUMDes dan BUMDESMA.
“Tujuan dilaksanakannya Bimtek yakni peningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan (Akuntansi) bagi pengurus BUMDes dan BUMDESMA, Menata tertibkan pengelolaan keuangan (Akuntansi) bagi BUMDes dan BUMDESMA, Menyederhanakan bentuk- bentuk pertanggungjawaban pengelolaan Keuangan (Akuntansi) bagi pengurus BUMDes dan BUMDESMA,” ungkap Muhammad Ilham yang juga merupakan Kades To Cina.

Bimtek yang berlangsung selama enam gelombang, dari 4 – 10 Oktober 2020, dimana setiap gelombang diikuti 40 peserta, dilaksanakan Forum Komunikasi dan Kerjasama Penasehat BUMDes Dan BUMDESMA (FKKPB) Kabupaten Bone.

Hadir pada kegiatan tersebut, Asisten I Drs H Andi Muh Yamin Tahir, M.Si, Kadis Koperasi Ir H Andi Baharuddin, M.Si, Ketua FKKP Kab. Bone, Muhammad Ilham, SE, beserta pengurus, Pemateri Kasat Reskrim Polres Bone, AKP Ardy Yusuf, SE, SIK, Guru Besar Besar Akuntansi UNHAS, Kejaksaan, dan panitia kegiatan Bimtek. (Hairil Hamka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.