Sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud di SibuluE

oleh -140 x dibaca

SIBULUE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada masa pandemi Covid-19 selama kurang lebih 7 (tujuh) bulan ini, tidak dipungkiri akan membuat kejenuhan bagi siswa, pelajar dan murid. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru dituntut untuk lebih kreatif menciptakan media pembelajaran sesuai perkembangan teknologi.

Namun guru sebenarnya tidak akan merasa kekurangan media pembelajaran bilamana mampu menguasai IT.

Hal inilah yang mendasari sehingga pihak UPT SDN 222 Manajeng Kecamatan SibuluE Kabupaten Bone merespon positif pelaksanaan Sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud oleh Sahabat Rumah Belajar Sulawesi Selatan (Syarifuddin, S.Pd., M.Pd).

Portal rumah belajar dihadirkan oleh Kemendikbud agar guru dan siswa/pelajar/murid bisa mengakses konten-konten yang tersedia antara lain sumber belajar, laboratorium maya, bank soal, kelas digital, dan tak kalah menariknya konten Edugame.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada Kamis, 8 Oktober 2020 melibatkan guru dari UPT SDN 222 Manajeng, UPT SDN 223 Sumpang Minangae, dan UPT SD Inpres 12/79 Sumpang Minangae Kecamatan SibuluE Kabupaten Bone dengan tetap mematuhi aturan protokoler kesehatan.

Dalam pelaksanaan sosialisasi ini, selain Sahabat Rumah Belajar memperkenalkan Portal Rumah Belajar Kemendikbud, juga berbagi pengalaman dalam membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi Kinemaster.

“Kami sangat bersyukur Sahabat Rumah Belajar Sulawesi Selatan mau berbagi ilmu dengan rekan-rekan kami di Sibulue. Kami akan tertantang untuk lebih kreatif membuat video pembelajaran yang bisa diterapkan dalam Pembelajaran Nontatap muka secara daring sehingga siswa akan lebih senang belajar dari rumah, dan merespon positif bantuan kuota belajar dari Kemendikbud,” kata Muh. Salim, S.Pd.,M.Pd. (Kepala UPT SDN 222 Manajeng) mengawali kegiatan sosialisasi.

Peserta sangat antusias mengikuti sosialisasi, hal ini tidak terlepas dari komunikatifnya Sahabat Rumah Belajar menyampaikan materi. Materi dikemas sederhana tetapi mudah dipahami peserta. Selain itu peran aktif ketiga kepala UPT yang selalu mendampingi rekan-rekan guru selama kegiatan berlangsung. Terbukti ketika mempraktikkan pembuatan video pembelajaran melalui aplikasi Kinemaster, Kepala UPT SD Inpres 12/79 Sumpang Minangae (Hj. Herninawati Arif, S.Pd., M.Pd.) juga menjadi salah satu subjek.

“Selain menjalin silaturahim, kami ingin berbagi pengalaman dengan teman-teman guru di Sibulue. Boleh jadi, apa yang disharekan menjadi kebutuhan kita dalam mengelola pembelajaran saat ini. Sekolah kita boleh berada di daerah pesisir, tapi kemampuan kita menggunakan teknologi pembelajaran berbasis IT tidak kalah dengan teman-teman yang mengajar di Kota, sebagai motivasi bagi teman-teman peserta sosialisasi,” ungkap Sahabat Rumah Belajar Sulawesi Selatan, Syarifuddin, S.Pd., M.Pd. (*/Ipp_17)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.