Benahi Akses Jalan, Warga Gattareng Galang Dana Swadaya

oleh -368 x dibaca

SALOMEKKO, TRIBUN BONE–Warga Dusun Tonroe Desa Gattareng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone melakukan penggalangan dana secara swadaya guna benahi jalan yang selama ini kondisinya kian memprihatinkan.

Untuk melakukan pembenahan jalan yang menghubungkan kampung Lau Salo Desa Gattareng dengan Desa Kalero Kecamatan Kajuara itu. Dengan dana yang terkumpul, selanjutnya, Komunitas Pemuda Gattareng yang mempelopori kegiatan ini mengadakan alat berat sembari dibantu puluhan warga yang melakukan kerja bakti dengan peralatan seadanya.

“Kami merasa peduli terhadap keadaan jalan yang terus mengalami kerusakan hingga sangat susah dilalui kendaraan, terlebih pada musim penghujan. Padahal keberadaan jalan ini sangatlah vital bagi warga setempat, baik dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari maupun dalam mengakses hasil tani mereka,” ujar salah seorang pemuda Gattareng, Rusman, S.Pi pada Ahad 11/10/2020.

Lanjut Rusman, melihat kondisi ini, kami selaku pemuda desa merasa terpanggil dan berinisiatif untuk berperan aktif terhadap pembangunan melalui swadaya masyarakat. “Alhamdulillah warga masyarakat sendiri memberi respon baik dan sangat mendukung idealisme kami selaku anak muda,” tambahnya.

Berkat sikap gotong royong dan kebersamaan masyarakat yang dimotori komunitas pemuda setempat itu, akses jalan sepanjang 400 meter itu berhasil dibenahi dengan baik hingga kini lebih mudah dan lebih nyaman untuk dilalui.

“Kepada pemerintah kami berharap agar bisa lebih peka terhadap pembangunan infrastruktur jalan desa seperti pengerasan jalan dan lain sebagainya. Selain itu, kami juga berharap bilamana melakukan pembahasan pemanfaatan anggaran desa atau Musdes, sekiranya pemerintah desa mengundang atau menghadirkan perwakilan pemuda desa untuk bisa saling bertukar pikiran, yang nantinya akan sama-sama mengetahui mana kebutuhan pembangunan yang semestinya lebih di prioritaskan atau yang lebih mendesak untuk dilaksanakan,” pungkasnya.

Edy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.