Bank Sulselbar Sosialisasi Sistem Transaksi Non Tunai Berbasis Online

oleh -68 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Bank Sulselbar mengadakan acara sosialisasi sistem Transaksi Non Tunai (TNT) berbasis online bertempat di Aula Dinas Kesehatan Jalan A Yani Kabupaten Bone, Selasa, 13 Oktober 2020.

Sosialisasi dihadiri dan dibuka langsung Kepala Dinas Kesehatan, dr Hj Andi Khasma, M.Kes dan selanjutnya materi dibawakan langsung Andi Mulyadi selaku Pimpinan PT.Bank Sulselbar Cabang Utama Bone dan diikuti seluruh kepala puskesmas se Kabupaten Bone.

Hadir sebagai peserta sosialiasi sebanyak 38 puskesmas yang diwakili masing masing kepala puskesmas, bendahara JKN (Jaminan kesehatan Nasional) dan bendahara BOK (Bantuan Oprasional Kesehatan) hingga total peserta sebanyak 114 orang.

Andi Mulyadi selaku pemateri pada acara tersebut mengatakan, Sistem transaksi non tunai (TNT) sendiri adalah sistem informasi yang diperuntukkan kepada pengguna anggaran (dinas/bendahara) untuk melakukan proses pembayaran kepada rekening tujuan secara non tunai.

Berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor. 910/14003/SJ tanggal 13 desember 2019, Yang mengatur tentang akselerasi implementasi Non Tunai dalam rangka elektronifikasi transaksi pemerintah daerah sistem ini bertujuan untuk mempercepat proses transaksi sehingga prosesnya lebih efisien, lebih transparan dan dapat meminimalisir tindak kejahatan.

“Bank Sulselbar menyediakan Transaksi Non Tunai (TNT) online berbasis internet sebagai fasilitas digital untuk melakukan proses transaksi dari rekening nasabah atau rekening puskesmas, TNT online tersebut dapat diakses melalui perangkat seperti; HP atau PC/Laptop dengan koneksi internet yang stabil sehingga menjadikan proses transaksi menjadi simpel dan cepat,” ujarnya.

Diketahui pada sistem TNT online yang disediakan oleh BANK SULSELBAR tersebut, pemilik user dalam hal ini kepala puskesmas ataupun para bendahara puskesmas dapat melakukan cek saldo rekening, transfer (honorer, gaji, tunjangan, rekanan, dll), pembayaran pajak (PPh, PPn) serta pembayaran tagihan PLN.

Dengan mempertimbangkan keadaan pandemi saat ini serta terbatasnya ruangan , Acara tersebut dilaksanakan dalam 2 sesi, sesi pertama dimulai pada pukul 09:00 wita dan selesai pada pukul 12:00 wita, sedangkan sesi kedua dimulai pada pukul 13:00 wita dan selesai pada pukul 17:00 wita, Masing masing sesi dihadiri 19 puskesmas yang diwakili kepala puskesmas, bendahara JKN serta bendahara BOK.

Dalam acara tersebut juga dijelaskan cara penggunaan sistem TNT online dan kendala kendala apa saja yang mungkin dihadapai dalam proses penggunaan sistem TNT online.(ilo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.