Masa Pandemi Covid-19 Bukan Penghalang Murid SDN 222 Manajeng Untuk Berkreasi

oleh -153 x dibaca

SIBULUE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Tak seperti tahun pelajaran sebelumnya, tiga bulan di awal tahun pelajaran 2020/2021 ini membuat pihak sekolah harus menyesuaikan kegiatannya dengan kondisi dimasa pandemi Covid-19.

Kegiatan yang menjadi primadona siswa/pelajar/murid harus terlupakan di masa ini, salah satunya adalah kegiatan Jedah Semester. Akan tetapi, masa pandemi covid-19 bukanlah menjadi penghalang bagi siswa/pelajar/murid untuk tetap berkreasi meskipun nuansanya berbeda dari tahun pelajaran sebelumnya.

Hal inilah yang mendasari sehingga UPT SD Negeri 222 Manajeng Kecamatan SibuluE Kabupaten Bone mengadakan lomba secara virtual.

“Dengan diadakannya beberapa lomba secara virtual (daring), kami berharap siswa tetap kreatif dan mampu mengurangi munculnya rasa jenuh belajar dari rumah,” tutur Muh. Salim, S.Pd., M.Pd., Kepala UPT SD Negeri 222 Manajeng Rabu (14/10/2020).

Mekanisme mengikuti lomba yaitu murid membuat video cabang lomba yang akan diikuti kemudian dikirim ke WhatsApp (WA) grup lomba dengan durasi tidak lebih dari tujuh menit.

Setiap lomba memiliki kriteria tertentu yang disampaikan melalui WA grup kelas masing-masing. Adapun cabang lomba yang dilaksanakan ada lima jenis meliputi lomba Adzan untuk semua kelas Laki-laki (LK), Puisi untuk semua kelas LK dan Perempuan (PR), Murottal untuk kelas awal (LK dan PR), Dai Cilik untuk kelas orientasi (LK dan PR), dan Nyanyi Solo untuk semua kelas (LK dan PR).

Antusiasme murid mengikuti lomba ini terlihat dari banyaknya kiriman video yang masuk ke wa grup lomba. Pengiriman video berlangsung selama sepuluh hari.

“Saya sangat senang mengikuti lomba virtual ini. Bakat saya dalam berda’wah bisa tersalurkan dan ditambah lagi jenis lomba yang diikuti dibuat dalam bentuk video,” kata Zahra Annisa (murid kelas 6), salah satu peserta lomba Dai Cilik.

Begitupun tanggapan peserta lain dalam lomba Adzan. “Senang banget bisa ikut lomba Azan untuk pertama kalinya,” kata Mario Zaky, murid kelas 2.

Setelah mengumpulkan file video lomba berdasarkan kategorinya, para juri melakukan penilaian setiap video lomba yang masuk berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

Setiap murid yang dinyatakan sebagai pemenang dalam lomba mendapatkan bingkisan alat tulis dan sertifikat penghargaan dari sekolah.

Pengambilan hadiah pemenang dilakukan secara bergantian sesuai jadwal yang ditentukan oleh sekolah dengan tetap mengikuti aturan protokoler kesehatan.

“Kami sangat bangga kepada anak-anakku bisa berkreasi membuat video lomba. Selamat yang telah dinyatakan sebagai pemenang, terus mengasah kemampuan, dan bagi yang belum berhasil tetap semangat. Dan ucapan terima kasih kepada orang tua yang telah mendampingi anak-anaknya membuat video lomba,” pungkas Muh. Salim Kepala UPT SD Negeri 222 Manajeng.

Penulis: Irfan Uddani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.