Antisipasi Aksi Anarkis, Danyon Ichsan : Brimob Dituntut Profesional dan Proporsional

oleh -101 x dibaca

TRIBUNBONEONLINE.COM, BONE.-Aksi unjuk rasa yang kerap kali berakhir bentrok antara massa pengunjuk rasa dengan aparat keamanan, membuat Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel terus meningkatkan kemampuan Anti Anarkis yang dimiliki.

Peningkatan kemampuan Anti Anarkis ini dilakukan untuk menghindari kesalahan prosedur penindakan yang dapat berujung pada pelanggaran HAM dan pelanggaran hukum lainnya.

Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menggelar latihan Anti Anarkis di Lapangan Mako Brimob Bone jalan M.H. Thamrin No. 70 Kota Watampone Kabupaten Bone, pada Senin (19/10/2020),

Dalam latihan ini, Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos. turun langsung memberikan materi pelatihan yang telah disesuaikan dengan perkembangan situasi Kamtibmas saat ini.

Danyon C Pelopor Kompol Nur Ichsan menuturkan, kegiatan latihan Anti Anarkis ini dilaksanakan untuk meningkatkan kepercayaan diri masing-masing personel utamanya dalam hal penanganan aksi unjuk rasa yang sering berujung bentrok.

Dalam latihan itu Danyon C Pelopor juga memberikan materi-materi baru tentang penanganan Aksi Anarkis berdasarkan petunjuk dan arahan (Jukrah) dari Korp Brimob Polri.

“Sebagai pasukan pemukul terakhir Polri, kami dituntut untuk melaksanakan tugas secara profesional dan proporsional. Sebagai bekal pelaksanaan tugas di lapangan kami rutin menggelar latihan peningkatan kemampuan Brimob seperti latihan SAR, PHH,” ujar Danyon

Menurutnya Latihan Anti Anarkhis ini dilakukan sesuai dengan perkembangan situasi Kamtibmas yang terjadi di tengah masyarakat dan tetap terukur sesuai prosedur dengan tidak melanggar HAM.

“Ini semua sebagai implementasi dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat,” tambah Kompol Nur Ichsan kepada awak media.

Dalam latihan Anti Anarkhis ini, tampak pula Wakil Komandan Batalyon (Wadanyon) C Pelopor AKP. Andi Muhammad Syafe’i, S.Sos., M.H. yang memperagakan teknik berlindung dengan menggunakan tameng desak.

Tidak ketinggalan pula para Danki jajaran Batalyon C Pelopor dan anggota begitu antusias dan semangat mengikuti latihan ini.

Sementara itu di tempat terpisah, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, P.S., S.I.K., M.Si. mengatakan bahwa, Satbrimob Polda Sulsel terus melakukan peningkatan kemampuan personel untuk memberikan perlindungan yang maksimal kepada masyarakat ketika terjadi aksi-aksi anarkisme.

“Kami akan terus melakukan latihan peningkatan kemampuan demi menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di Provinsi Sulawesi Selatan sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat,” ungkap Muhammad Anis. (*/sug).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.