AYP Salurkan Bantuan Mesin Pompa BBG ke Kelompok Tani

oleh -632 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Anggota Komisi VII DPR RI Dr. Ir. Andi Yuliani Paris, MSc bersama Kementerian ESDM RI melaksanakan pendistribusian paket konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) untuk mesin pompa air bagi petani sasaran, di Dinas Pertanian Kabupaten Bone, Selasa, 27 Oktober 2020.

Bantuan berupa pompa air dengan bahan bakar gas (BBG) ditujukan kepada kelompok tani sebanyak 550 paket merupakan program kemitraan Kementerian ESDM dan Komisi Vll DPR RI.

“Ini merupakan kali pertama bantuan untuk kelompok tani di Bone, sedangkan untuk nelayan Bone sudah tahun ketiga kami kucurkan bantuan,” ungkap Andi Yuliani Paris (AYP).

“Awalnya, bantuan ini ditarik ke pusat karena pandemi, tetapi berkat pertemuan saya dengan Menteri ESDM anggarannya direfocusing. alhamdulillah, hari ini bisa kita salurkan,” kata Anggota DPR RI dari Fraksi PAN itu.

AYP menjelaskan, di tahun 2021mendatang bantuan akan kembali dikucurkan untuk 28 ribu petani serta 28 ribu nelayan di seluruh Indonesia.

“Jika tak ada aral melintang, bersama Kementerian ESDM bantuan akan dikucurkan kembali di tahun 2021 untuk 28 ribu penerima paket,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota Komisi VII DPR RI itu juga menyerahkan beasiswa program Indonesia pintar secara simbolis kepada 1000 anak penerima yang ada di Bone.

Wakil Bupati Bone, H Ambo Dalle mengaku bersyukur atas bantuan yang disalurkan untuk petani.

“Bantuan ini merupakan bentuk perhatian dari Andi Yuliana Paris yang selalu memperjuangkan kesejahteraan masyarakat di dapilnya,” kata Wakil Bupati Bone dua periode itu.

Wabup mengatakan,
sejak 2018 beliau sudah menyerahkan bantuan di Bone. 530 bantuan yang dibagikan ini tidak datang begitu saja, tetapi butuh perjuangan melaksanakannya. Jadi patutlah kita bersyukur atas perhatian perwakilan kita yang ada di DPR RI yang sungguh luar biasa.

“Oleh karna itu, saya mewakili Bupati Bone serta seluruh masyarskat Bone berterima kasih atas bantuan yang diserahkan ini, mudah-mudahan ini bisa membantu petani dimasa pandemi ini,” jelas Ambo Dalle.
Diakhir kegiatannya, A Yuliani Paris menambahkan,
BBG sudah ada untuk nelayan dan petani. Saya sudah bantu sejak tahun 2018, 2019 dan 2020 ini mendapatkan paket sebanyak 947 buah untuk 2018, 175 di tahun 2019 dan tahun 2020 sebanyak 1.267 dan melayani nelayan baru tahun ini sebanyak 530 gunanya yaitu pertama, sebentar lagi premium sumber bahan bakar fosil yang kita ingin makin lama kita mengurangi penggunaan bahan bakar yang bersumber dari fosil tapi menjadi yang lebih ramah lingkungan termasuk gas dan mungkin ke depan nelayan atau petani pakai tenaga matahari.

Yang kedua, kita juga ingin menghemat. Jadi kita disampaikan bahwa dengan menggunakan premium itu 3 liter itu bisa hanya 7 jam tapi dengan menggunakan satu tabung gas bisa 14 jam untuk memompa artinya ada efisiensi penghematan sebesar 50 persen, ya 50 persen untuk petani dan 50 persen untuk kegiatan yang lain.

Dengan harapannya bisa meningkatkan produksi pertanian, kemudian bisa menyimpan karena ada rating 50 persen dari pengeluaran bahan bakar premium. Kalau setengahnya tinggal 50 persen pengeluaran. Saya berharap juga petani Ini betul betul menggunakan teknologi tapi pasti punya waktu luang untuk bisa meningkatkan pendapatannya. Saya juga ingin mengajak generasi muda milenial, jangan takut jadi petani. (Ilo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.