BPKAD Bone Sosialisasikan Aplikasi SITETTU OGI, Untuk Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Daerah yang Baik dan Bersih

oleh -205 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM– Pada Jumat, 11 Desember 2020, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kab Bone, mensosialisasikan Sistem Informasi Taro Ada Taro Gau-Open Government Indonesia (SITETTU-OGI) tepatnya diruang rapat Kantor BPKAD.

Sistem Informasi Taro Ada Taro Gau Open Goverment Indonesia (SITETTU OGI) digagas A.M.Iqbal Walinono, SE, M.Si selaku Kepala Bidang Anggaran BPKAD untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi terkait transparansi pengelolaan keuangan daerah.

Berdasarkan pasal 214 Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 Pemerintah Daerah wajib menyediakan informasi keuangan daerah dan diumumkan kepada masyarakat paling sedikit memuat informasi penganggaran, pelaksanaan anggaran, dan laporan keuangan dan Kepala Daerah yang tidak mengumumkan informasi keuangan daerah dikenakan sanksi administrasi sesaui ketentuan peraturan perundang-undangan.

Implementasi sistem informasi Taro Ada Taro Gau Open Government Indonesia (SITETTU OGI) bertujuan : a. Terwujudnya tujuan BPKAD Kab. Bone yaitu meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan dan barang daerah dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan daerah yang baik dan bersih untuk mencapai salah satu Misi pemerintah daerah yaitu Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan bebas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). b. Penyusunan APBD Kabupaten Bone tepat waktu sesuai tahapan dan jadwal ketentuan peraturan perundang-undangan. c. Meningkatkan kesadaran seluruh SKPD terhadap pentingnya percepatan penyerapan anggaran. d. Meningkatkan kinerja seluruh SKPD dalam pencapaian indikator kinerja utama. e. Meningkatkan indeks pengelolaan keuangan daerah dari dimensi Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah. f. Terwujudnya E-Goverment dan Open Goverman menuju Good Government dalam perspektif pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Bone.

Aplikasi Sistem Informasi Taro Ada Taro Gau Open Goverment Indonesia yaitu mengintegrasikan proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan pengadaan barang jasa, transaksi non tunai pada Bank Sulselbar, laporan keuangan dan laporan kinerja pemerintah daerah secara online yang dapat diakses seluruh masyarakat di Indonesia.

Andi Iqbal Walinono, SE.,M.Si mengatakan, melalui sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Taro Ada Taro Gau Open Goverment Indonesia ini adalah pemerintah daerah dalam hal ini seluruh perangkat daerah memiliki kesadaran untuk percepatan realisasi anggaran masing-masing perangkat daerah, untuk yang mana terintegrasi dengan kinerja masing-masing perangkat daerah untuk mencapai penyerapan realisasi anggaran Pemerintah Kabupaten Bone.

Penulis : Ilyas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.