24 Sekolah Menjadi Lokasi Mahasiswa UNIM Bone Laksanakan PLP I dan II Tahun 2021

oleh -403 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Setelah dilakukan pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I dan PLP II Universitas Muhammadiyah (UNIM) Bone pada 10 sampai 11 Februari 2021, maka selanjutknya akan dilakukan implemntasi berupa ke lapangan atau ke sekolah yang telah direkomnedasikan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Sulsel.

Penerimaan PLP I dan PLP II UNIM Bone dilakukan selama dua hari yakni, Senin sampai Selasa, 22 sampai 23 Februari 2021 di 24 sekolah negeri maupun swasta (SMA/SMK/MAN) tersebar se Kabupaten Bone.

Adapun jumlah peserta PLP I yaitu sebanyak 172 orang dan ditempatkan di 11 sekolah. Sementara PLP II berjumlah 182 orang ditempatkan 13 Sekolah.

Dari data yang diperoleh, bahwa Pelaksanaan PLP I dilaksanakan selama dua minggu. Selama dua minggu kegiatan, mahasiswa melakukan berbagai kegiatan yaitu pengenalan kultur sekolah yang meliputi implementasi visi-misi sekolah, implementasi peraturan sekolah dan kegiatan akademik sekolah.

Selain pengenalan kultur sekolah, mahasiswa di PLP I juga harus melakukan pengenalan kepad peserta didik dan jati diri guru.

Berbeda halnya dengan PLP II yang dilaksanakan selama dua bulan yaitu Februari sampai April 2021. Selama ber PLP II mahasiswa sebagai asisten guru.

Setelah mahasiswa mengikuti kegiatan PLP II mahasiswa diharapkan dapat memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang disertai dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan tingkat tinggi melalui berbagai kegiatan diantaranya yaitu, pertama, menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran. Kedua, menelaah strategi pembelajaran. Ketiga, menelaah sistem evaluasi, membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi. Keempat, menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Kelima, latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing. Keenam, melaksanakan tugas pendampingan peserta didik pada kegiatan ekstrakurikuler dan ketujuh, membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administrasi guru.

Dr. Muh. Safar, M. Pd selaku Wakil Rektor I bersama dengan Kaprodi Matematika Sugian Nurwijaya, S. Pd., M.Pd Universitas Muhammadiyah Bone melakukan pembimbingan kepada mahasiswa di UPT SMA Negeri 16 Bone.

Penerimaan mahsiswa di sekolah tersebut langsung diterima oleh Urusan Kurikulum yaitu Drs. Sultan. Pada acara penerimaan Drs. Sultan menayampaikan kepada mahasiswa agar mengikuti kegiatan ini sesuai dengan aturan dari kampus terlebih lagi harus mematuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku di SMAN 16 Bone.

Pada kesempatan itu, Dr. Muh. Safar, M.Pd juga memberikan sambutan kepada mahasiswa. Ia (Dr. Muh. Safar, red) mengharapkan agar mahasiswa selama ber PLP II harus memanfaatkan waktu dengan baik untuk menjadi asisten guru.

“Dengan begitu mahasiswa harus lebih aktif dalam kegiatan ini,” katanya.

Lebih lanjut Dr . Muh. Safar, apalagi saat ini masih suasana pandemi sehingga mahasiswa harus melakukan kegiata secara daring dan luring.

Untuk itu, katanya lagi, mahasiswa harus berkoordinasi secara aktif kepada guru pamong.

Diakhir sambutan Dr. Muh. Safar, M. Pd menekankan kepada mahasiswa agar mengikuti seluruh rangkaina kegiatan yg diberikan oleh guru pamong dengan tetapmematuhi protokol kesehatan. Yang paling penting adalah jaga nama baik almater Anda selaku mahasiswa Universitas Muhammadiyah.

“Karena Andalah yang menjadi perwakilan diantara semua mahasiswa yang ada di kampus. Untuk itu, tetap mengedepankan kedisiplinan dan profesionalisme dalam melaksanakan kegiatan PLP II,” pungkasnya.

Usai penerimaan PLP II semua mahasiswa langsung diarahkan oleh koordinator yang telah ditunjuk oleh kepala sekolah dalam hal ini yaitu Jasmawati, S. Pd sebagai koordinator langsung mengarahkan kepada mahasiswa untuk bertemu dengan guru pamong yang juga hadir pada acara penerimaan. (*/Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.