Sadar Akan Kebersihan, Begini Aksi ‘Keroyokan’ Sampah di Masumpu

oleh -1,949 x dibaca
Lurah Masumpu Andi Purnama Sari bersama Brimob Yon C Pelopor ikut kerja bakti bersihkan sampah berlumpur. (SUGIANTO/TRIBUNBONEONLINE.COM)

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM.-Peduli kebersihan lingkungan, Camat dan Lurah bersama masyarakat, TNI-Polri serta instansi terkait melaksanakan pembersihan bantaran sungai, yang berada di Jl Sambaloge Baru, Kelurahan Masumpu Kecamatan Tanate Riattang, Kabupaten Bone, Kamis pagi (11/3/2021).

Kegiatan operasi kebersihan lintas sektor, program Kecamatan itu dilakukan di tujuh titik di setiap kelurahan,

“Lokasi ini menjadi sasaran pembersihan karena titik ini paling kumuh dan becek sehingga bila hujan air masuk ke rumah warga,” kata Lurah Masumpu A. Purnama Sari.

Menurutnya penyebab terjadinya penumpukan sampah yang menyebabkan bau busuk itu karena kurangnya kesadaran masyarakat yang membuang sampah sembarangan tempat.

BACA JUGA:  Kapolres Serahkan Paket Umroh
Camat Tanete Riattang A. Kumala Dewi dan Lurah Masumpu A. Purnama Sari bersama Kepala Puskesmas Biru dr.Hj.Resti Elvira Sarlim. (SUGIANTO/TRIBUBONEONLINE.COM)

“Jadi dibutuhkan kesadaran masyarakat karena kebersihan ini untuk menjaga kesehatan juga apalagi ditengah wabah pandemi sekarang ini. Semoga dengan adanya kerja bakti lintas sektor ini ada kesadaran masyarakat tidak membuang sampah lagi sembarangan,” harapnya.

Camat Tanete Riattang Andi Kumala Dewi Salahuddin mengatakan, kegiatan kerja bakti lintas sektor ini telah ditindaklanjuti ke seluruh Lurah untuk memilih sasaran titik paling kumuh di wilayahnya.

“Lurah Masumpu memilih titik di Jl Sambaloge baru ini sampai ujung bantaran sungai Sitoppoe dan personel kita bagi dengan melibatkan kendaraan berat eskapator dari kementerian,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Wakil Menteri Agama RI Hadiri Wisuda Bersejarah IAIN Bone Secara Virtual

Menurutnya, daerah aliran sungai Sitoppoe ini adalah kawasan paling jorok dan kumuh sehingga diminta bantuan sejumlah Armada dari Badan Lingkungan Hidup.

Camat menambahkan bahwa, pihaknya sudah melaksanakan kegiatan yang sama di beberapa kelurahan.

Disamping kerja bakti itu pihak Puskesmas Biru yang juga turut berpartisipasi dengan “Mengayo Ayo” kepada masyarakat untuk menerapkan prilaku hidup bersih sehat dan menjaga kebersihan lingkungannya.

Dari pantauan Tribun Bone, Camat Tanete Riattang Andi Kumala Dewi bersama Lurah Masumpu A. Purnama Sari terjun langsung bersama tim dan warga mengeroyok sampah di sepanjang lokasi bantaran sungai ‘Salo Sitoppoe’ itu.

BACA JUGA:  Dekan FUD Bahas Alokasi Anggaran

Penulis : Sugianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.