Ini Yang Terjadi Ketika Brimob, TNI, Basarnas, BPBD dan Satpol-PP Bertemu Dalam Satu Tempat

oleh -124 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Setiap satuan maupun instansi pasti memiliki cara tersendiri dalam melakukan pembinaan dan latihan terhadap anggota. Meskipun berbeda dari segi pembinaan dan latihan, akan tetapi mereka memiliki 1 tujuan yang sama yaitu menjadi abdi negara yang melayani masyarakat.

Di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan agar perbedaan tersebut menjadi bagian yang saling melengkapi dalam hal penyelamatan terhadap korban bencana alam dan musibah, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kodim 1407 Bone, Basarnas, BPBD dan Satpol-PP Kabupaten Bone menggelar latihan SAR bersama yang dilaksanakan pada tanggal 10 dan 13 Maret 2021.

Menurut penuturan Komandan Batalyon ( Danyon ) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos. selaku penanggung jawab latihan bahwa latihan SAR gabungan dilaksanakan dalam rangka peningkatan sinergitas antara Brimob Polri , TNI, Basarnas, BPBD dan Satpol-PP yang ada di Kabupaten Bone.

“Kita ketahui bersama bahwa di Kabupaten Bone kerawanan yang cukup tinggi adalah bencana alam dan musibah kecelakaan air, Untuk itu pada kesempatan ini kami menggelar latihan SAR gabungan untuk meningkatkan kembali kekompakan kami dalam penanganan bencana dan musibah yang kerap kali terjadi di Kabupaten Bone. Selain itu , latihan ini kami lakukan untuk mendukung program prioritas Kapolri,” ujar Danyon C Pelopor ke awak media pagi tadi ( Sabtu, 13/02/21 ).

” Latihan ini kami laksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 10 Maret kami laksanakan latihan SAR air di pelabuhan penyeberangan Bajoe dan hari ini kami laksanakan latihan SAR darat di kantor Basarnas Bone” imbuhnya

Kompol Nur Ichsan juga menambahkan untuk mewujudkan Bhakti Brimob Untuk Indonesia, Batalyon C Pelopor tidak bisa melakukannya sendiri tanpa adanya dukungan TNI , Pemda dan pihak terkait lainnya.

” Tentunya kami juga membutuhkan bantuan dan kerjasama dari rekan TNI, pemerintah dan instansi terkait, dalam mewujudkan Bhakti Brimob Untuk Indonesia. Untuk itu melalui latihan ini kami berupaya untuk saling melengkapi dengan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing instansi agar tujuan kami dalam membantu masyarakat dapat terlaksana dengan baik,” tambah Kompol Nur Ichsan.

Dalam latihan yang digelar hari ini, tampak seluruh peserta sangat kompak melakukan latihan Vertical Rescue ( penyelamat korban dari tebing ) di tower kantor Basarnas Bone. Terlihat mereka saling berbagi tugas dalam latihan penyelamatan ini.

Sementara itu di tempat terpisah, Komandan Satuan ( Dansat ) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, P.S.,S.I.K.,M.Si. mengatakan bahwa di masa ini sinergitas dan kerjasama sangat penting dilakukan untuk membentuk negara yang kuat.

” Dalam Program Prioritas Kapolri, kami Satbrimob Polda Sulsel mendukung seluruh program Kapolri yang telah disampaikan beberapa waktu lalu utama menyangkut sinergitas dengan TNI dan instansi terkait lainnya. Jadi untuk mewujudkan kami memulai dengan kegiatan latihan dan kegiatan sosial bersama. Selain itu di masa pandemi Covid 19 saat ini, sinergitas dan kerjasama merupakan salah satu kunci agar negara kita semakin kuat dalam menghadapi tantangan kedepannya,” pungkas Kombes Pol. Muhammad Anis.(ap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.