Pakar Komunikasi Unhas Jadi Pembicara Kunci di Pelatihan Kehumasan DPD JOIN Bone

oleh -176 x dibaca

Dr. Iqbal Sultan: Humas Belum Berperan Baik

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Setelah beberapa waktu sebelumnya, tepat pada Hari Pers Nasional (HPN) 2021 Dewan Pempinan Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Bone telah sukses melakukan kegiatan bakti sosial.

Kali ini, diawal kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Bone, akan menggelar kegiatan “Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik” bagi jajaran aparat Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Hubungan Masyarakat (Humas) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Humas Desa di Kabupaten Bone.

Acara yang akan dihelat selama dua hari terhitung Kamis-Jumat, 18-19 Maret 2021 di Gedung PKK Kabupaten Bone akan menghadirkan pemateri dari JOIN Sulawesi Selatan, Dr. Arry AS, S.I.Kom. SH. MH. CPCE., Direktur Pusdiklat JOIN Nasional, Zulkarnain Hamson, S.Sos. M.Si. dan Dekan Fisip Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar, Dra. Nani Harlinda Nurdin, M.Si.

Selain itu, DPD JOIN Bone juga bakal menghadirkan pakar komunikasi Universitas Hasanuddin (Unhas) sebagai pembicara kunci.

“Pelatihan ini menampilkan pakar komunikasi Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr. Muhammad Iqbal Sultan, M.Si., sebagai pembicara kunci,” ujar Andi Trisna Arif Ketua DPD JOIN Bone Sembari menambahkan pelatihan ini menggabungkan keilmuan Humas dan praktis jurnalistik.

“Hari kedua akan ada pelatihan untuk pelajar dan mahasiswa tentang jurnalistik dasar, oleh Pusdiklat JOIN Nasional,” tambah Andi Trisna.

Andi Trisna juga menyebutkan bahwa pelatihan ini digagas Bupati Bone, Dr. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi,M.Si.

Terpisah Dr. Iqbal menyebutkan, masih banyak institusi belum melaksanakan fungsi Humas dengan baik, hal ini diakibatkan karena beberapa hal, antara lain para pejabat Humas selalu berganti yang belum tentu memiliki pemahaman Humas sesuai filosofi dasar Humas.

“Hal lain yang harus dimiliki adalah para pelaku Humas mutlak memiliki keterampilan dan seni berkomunikasi yang mumpuni untuk menjadi penghubung antara institusi dan publiknya,” ujar Kepala Departemen Ilmu Komunikasi Fisip Unhas, yang tahun ini mengakhiri masa jabatannya.

Dr. Iqbal, yang juga Dan Yon 1 Universitas Hasanuddin, Resimen Mahasiswa Wolter Mongisidi 1986-1987, dijadwalkan bicara di depan peserta pada 18 Maret 2021, usai pembukaan acara oleh Bupati Bone, yang dijadwalkan akan dihadiri Kapolres dan Komandan Kodim, Sekda, dan Ketua DPRD Bone, Ketua Pengadilan Negeri Watampone, Pimpinan OPD Bone (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.