Kabaintelkam Polri Kunjungi Kabupaten Yalimo, 1 SSK Brimob Polda Sulsel Siap Amankan PSU.

oleh -471 x dibaca

PAPUA, TRIBUNBONEONLINE.COM–Menjelang Pemungutan Suara Ulang ( PSU ) di Kabupaten Yalimo Provinsi Papua yang akan dilaksanakan pada 5 Mei 2021 mendatang, Kepala Bagian Intelejen Keamanan ( Kabaintelkam ) Polri Komjen Pol. Drs. Paulus Waterpaow melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Elelim Kabupaten Yalimo Kamis (22/04/21)

Kunjungan kerja Kabaintelkam Polri ke Kabupaten Yalimo ini dilakukan untuk meninjau sejauh mana kesiapan aparat keamanan dalam mengamankan PSU Pilkada 2020 Kabupaten Yalimo yang dilaksanakan pada Distrik Apalapsili dan Distrik Welarek sesuai putusan Mahkamah Konstitusi dalam sidang PHPU beberapa waktu yang lalu.

Sebelum memasuki Mapolres Yalimo, Kabaintelkam Polri menerima jajar kehormatan dari Polres Yalimo dan barisan pagar ayu dari pasukan pengamanan Brimob Polda Sulsel BKO Polda Papua yang bertempat di gerbang masuk Polres Yalimo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid 19.

Saat memberikan sambutan dalam kunjungan kerja yang bertempat di aula Polres Yolimo dan dihadiri oleh Kapolres Yalimo, Danki Gas Brimob Polda Sulsel BKO Polda Papua, pejabat Pemda Kabupaten Yalimo, Ketua KPUD, Ketua Panwaslu serta seluruh tokoh masyarakat, Kabaintelkam Polri menyampaikan harapannya kepada seluruh pihak yang terlibat khususnya dari Polres Yalimo dan BKO Brimob Polda Sulsel untuk membuat jalannya PSU Kabupaten Yalimo dapat terlaksana dengan damai, aman dan lancar.

BACA JUGA:  Komandan Brimob Bone Jadi Komandan Upacara 17 Agustus di Rujab Gubernur Sulsel, Ichsan: Mohon Doanya

” Harapan saya dalam Pemungutan Suara Ulang Kabupaten Yalimo yang akan digelar 5 mei mendatang, dapat berlangsung damai, aman dan lancar. Saya juga berharap kepada pasukan pengamanan untuk bertugas semaksimal mungkin dalam mengamankan PSU ini dengan tetap memperhatikan kearifan lokal warga setempat,” ungkap Komjen Pol. Paulus Waterpaow.

” Saya juga menghimbau kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pesta demokrasi di Kabupaten Yalimo ini, khususnya masyarakat Yalimo dapat benar-benar menggunakan hak pilihnya untuk menentukan kepala daerah yang akan memimpin Kabupaten ini 5 tahun kedepan,” tambah Jendral Bintang Tiga ini.

Sebelumnya Kapolres Yalimo AKBP Hesman S. Napitupulu, S.H.,S.I.K.,M.H. dalam paparan nya terkait kondisi keamanan Kabupaten Yalimo pasca putusan sidang PHPU oleh MK yang menyatakan PSU di 2 distrik yaitu Distrik Apalapsili dan Distrik Walarek.

BACA JUGA:  Tim SAR Brimob Bone Lakukan Pencarian Warga Tenggelam, Danyon Ichsan: Wujud Bhakti Kepada Masyarakat

” Ijin Jenderal, kami sampaikan hingga saat ini situasi Kamtibmas di Kabupaten Yalimo pasca putusan Mahkamah Konstitusi dalam sidang PHPU beberapa waktu lalu masih dalam keadaan aman dan kondusif, kemudian dalam menghadapi PSU tanggal 5 Mei mendatang kami akan memaksimalkan pengamanan yang terdiri dari unsur TNI, Pasukan BKO Brimob Polda Sulsel dan seluruh anggota Polres Yalimo demi memastikan pemungutan suara ulang yang damai dan aman,” ungkap Kapolres Yalimo.

Sementara itu saat dikonfirmasi oleh awak media, Komandan Batalyon ( Danyon ) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan,S.Sos. memastikan jika pasukan BKO Satbrimob Polda Sulsel yang berada disana telah siap mengamankan jalan nya PSU di Kabupaten Yolimo sehingga PSU berjalan damai dan lancar.

” Insya Alloh 1 SSK personel Satbrimob Polda Sulsel BKO Polda Papua yang saat ini bertugas di Kabupaten Yalimo siap mengamankan jalannya PSU hingga selesai sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia,” ujar Kompol Nur Ichsan.

BACA JUGA:  Tembus Kanal Selatan CPI

Di tempat terpisah, Komandan Satuan Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis,P.S,S.I.K.,M.Si. menyebutkan jika 1 SSK personelnya yang saat ini bertugas di Kabupaten Yolimo telah beradaptasi dengan lingkungan tempatnya bertugas saat ini.

” Jadi berdasarkan laporan hasil yang selalu kami terima dari Pasukan BKO Polda Papua, mereka telah mampu beradaptasi dengan lingkungan tempat tugas mereka saat ini, sehingga dengan begitu saya yakin untuk masalah pengamanan disana mereka akan mampu menciptakan situasi aman dan kondusif menjelang , saat dan pasca PSU di Kabupaten Yalimo. Dalam kesempatan ini saya juga menyampaikan bahwa personel Satbrimob Polda Sulsel BKO Polda Papua juga telah siap menjalankan tugas hingga Kabupaten Yalimo benar-benar kondusif pasca PSU,” pungkas Kombes Pol. Muhammad Anis.(ap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.