Sukses, Festival Ramadhan 1442 H Majelis Ulama Indonesia Kecamatan Tanete Riattang Timur

oleh -307 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Mengisi bulan Ramadan dengan kegiatan positif adalah salah satu hal yang mendasari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone dengan mengadakan Festival Ramadhan 1442 dengan mengangkat tema “Meneguhkan Nilai Al Qur’an untuk Generasi Bermartabat”.

Setelah Komisi Da’wah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tanete Riattang Timur sukses mengadakan pelatihan muballiq, kali ini Komisi Pembinaan Seni dan Budaya Islam menghadirkan sebuah event tingkat Kecamatan Tanete Riattang Timur.

Event tersebut dikemas dalam lomba hafalan surah-surah pendek bagi usia SD/sederajat, lomba adzan bagi usia SMP/sederajat, lomba ceramah bagi usia SMA/sederajat, dan lomba sholawat badar untuk Majelis Ta’lim.

Mengingat kondisi saat ini masih masa pandemi Covid-19, panitia pelaksana mengemas kegiatan dalam dua bentuk untuk kategori lomba adzan, ceramah, dan sholawat badar yaitu di babak penyisihan para peserta mengirim video lomba yang diikuti dan nominasi terbaik berdasarkan hasil penilaian dewan juri berhak tampil dan dinilai secara langsung di babak grand final.

Khusus Lomba hafalan surah-surah pendek yang dibagi atas kelompok putri dan kelompok putra dinilai secara langsung oleh dewan juri dengan tetap mematuhi aturan protokoler kesehatan yang pelaksanaannya bersamaan dengan acara pembukaan pada Ahad, 2 Mei 2021 M / 20 Ramadhan 1442 H di Masjid Nurul Huda Bajoe dan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.

Setelah dewan juri menyeleksi video kiriman peserta yang masuk di sekretariat panitia (SDIT Al Amir Fil Jannah Bajoe) dan menghasilkan nominasi terbaik maka panitia pelaksana menyelenggarakan babak grand final di Masjid Ilhamul Fitri Jalan Tanggul Bajoe (Sabtu, 8/5/2021).

Babak grandfinal kategori lomba adzan dan ceramah diikuti tiga nominasi terbaik pada siang hari dan kategori lomba sholawat badar diikuti 5 nominasi terbaik pada malam harinya.
“Selain mengaktualisasi prestasi, kreativitas, bakat generasi muda, Festival Ramadhan 1442 H ini juga sebagai ajang silaturahmi terkhusus majelis ta’lim sekecamatan Tanete Riattang Timur. Antusias tinggi peserta mengikuti kegiatan ini di luar ekspektasi panitia pelaksana,” sepotong kutipan dari Muh. Salim, M.Pd. saat menyampaikan laporan panitia pelaksana pada acara penutupan (Ahad, 9/5/2021).

Ketua MUI Kecamatan Tanete Riattang Timur H. Hamzah, M.Pd.I dalam sambutannya diacara penutupan, menyampaikan apresiasi tinggi kepada panitia pelaksana atas suksesnya Festival Ramadan ini dan ucapan terima kasih kepada Camat dan KUA Tanete Riattang Timur atas motivasi, dorongan, dan bantuannya serta menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan ini, begitupula kepada donatur yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini.

Sementara itu Kepala KUA Kecamatan Tanete Riattang Timur Abdurahim Riduang, M.Hi menyampaikan bahwa Festival Ramadan yang digagas MUI Tanete Riattang Timur mampu membangkitkan kembali warna dan nuansa keagamaan yang agak stagnan akibat pademi Covid-19.

Camat Tanete Riattang Timur, A. Arman Boby, S.STP., M.Si, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada panitia karena mampu melaksanakan kegiatan dalam masa pandemi Covid-19 secara sukses dengan tetap mematuhi aturan protokoler kesehatan.

“Pemerintah Kecamatan Tanete Riattang Timur menantang pengurus MUI untuk menghadirkan event keagamaan berskala kabupaten khususnya menyambut tahun baru Islam. Peserta yang berhasil membawa pulang juara patutlah berbangga dengan prestasinya dengan tetap semangat berlatih dan peserta yang belum berhasil selalu memotivasi diri untuk berbuat lebih baik lagi,” ucap A. Arman Boby, S.STP., M.Si. selaku Camat Tanete Riattang Timur ketika menutup kegiatan Festival Ramadan 1442 H.
(*/Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.