PNUP-UNIM Bone Kolaborasi Edukasi Poktan Olah Sekam Padi

oleh -359 x dibaca

KAHU, TRIBUNBONEONLINE.COM–Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPKM) Kemendikbud Dikti yang diusung oleh Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dan Universitas Muhammadiyah (UNIM) Bone berhasil lolos memenangkan hibah untuk melakukan edukasi kepada Kelompok Tani dan Warga di Dusun Batu Tire Desa Sanrego Kecamatan Kahu untuk memanfaatkan sekam padi yang selama ini kurang dimanfaatkan menjadi barang/produk yang mampu memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Pada dasarnya sekam padi jika diolah, maka akan menghasilkan berbagai produk seperti Arang sekam, Bioinsektisida cair hingga hasta karya berupa Hiasan Dinding estetika.

Edukasi yang dilakukan dalam bentuk penyuluhan dan seminar singkat sebagai tahap awal kegiatan membuat warga memiliki pengetahuan baru dalam mengolah sekam padi.

“Selama ini sekam padi membingungkan kami mengenai cara mengolahnya, terkadang beberapa warga mengambilnya sebagai bahan bakar dalam menghasilkan arang kayu, tetapi hari ini ternyata sekam padi bisa diolah menjadi arang sekam yang memiliki nilai jual disamping arang kayu,” tutur Andi Muksin salah satu anggota Kelompok Tani yang ada di Desa Sanrego Sabtu, 22 Mei 2021.

Antusiasme warga cukup besar dalam olah sekam padi ini sebab hingga saat ini masih sangat kurang program penyuluhan maupun informasi mengenai pemanfaatan sekam padi yang nyata dapat dilihat warga bahwa memiliki faedah dan berdampak nantinya pada perekonomian dan kesejahteraannya.

Hadirnya dosen dari PNUP-UNIM Bone memberikan angin segar akan keresahan warga khususnya yang memiliki pabrik pengolahan beras dalam mengolah hasil samping produksinya berupa sekam padi.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini didanai oleh DRPM Ristek/BRIN yang saat ini berganti dinaungi oleh Kemendikbud Dikti bertujuan untuk membangkitkan perekonomian rakyat melalui kolaborasi antara Pendidikan Tinggi dengan Masyarakat.

Kolaborasi Politeknik Negeri Ujung Pandang dan Universitas Muhammadiyah Bone diketuai oleh Andi Muhamad Iqbal Akbar Asfar serta dosen lainnya yang melibatkan dua institusi yaitu Sharma Thaha dan Andi Muhamad Irfan Taufan Asfar akan mengabdi kepada masyarakat hingga Desember 2021 dengan berbagai rangkaian kegiatan yaitu Penyuluhan, Pelatihan, hingga Pendampingan.

“Kami tidak hanya mengedukasi warga terutama Poktan yang ada, tetapi akan melakukan pelatihan untuk menambah giat olah produksi anggota Poktan khususnya Poktan Pada Elo’ berbasis pemanfaatan sekam padi,” imbuh Andi Iqbal ketika ditemui redaksi.

“Untuk evaluasi proses produksi mitra, kami akan berkoordinasi dalam bentuk pendampingan akan kendala-kendala selama melakukan produksi hingga saluran distribusi pemasarannya, sehingga betul-betul ada manfaat kegiatan kami ini,” tambah Andi Irfan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.