Rumah Tahfidz Ummul Qura Gelar Wisuda Angkatan I

oleh -73 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Bertempat di Ballroom Sentosa Novena Hotel Jalan Ahmad Yani Kabupaten Bone Rumah Tahfidz Ummul Qura menggelar wisuda Tahfidz Qur’an pada Ahad, 25 Juli 2021.

Wisuda Tahfidz Qur’an ini mengusung tema “Berakhlak Mulia Dengan Al-Qur’an” dihadiri langsung oleh Bupati Bone dalam hal ini diwakili staf ahli, Drs. H. Muh. Rusli,M.Si, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone, Dr. H. Wahyuddin Hakim, M.Hum, Kasi PD Pontren Kemenag Bone, Ketua Yayasan Generasi Insan Cendekia/Pendiri Rumah Tahfidz Ummul Qura Dr. Hj. Cheriani, S.Si, S.Pd, M.Pd bersama Ibunda, Dr. Abul Khaer, M.HI, Penguji munaqosyah eksternal Ust. Saturdi Hamid, S.Pd, M.Pd, ustadz dan ustadzah Rumah Tahfidz Ummul Qura, dan 63 Santri yang diwisuda didampingi orang tua/wali masing-masing.

Wisuda Tahfidz Qur’an satu sampai tiga Juz (SD dan SMP, red) ini merupakan perdana dilakukan oleh lembaga tersebut sejak didirikannya sekitar 2017 lalu yang beralamat di Jalan Bali Watampone.

Dr. Hj. Cheriani dalam sambutannya menyampaikan sejarah berdirinya Rumah Tahfidz Ummul Qura.

“Rumah Tahfidz ini berdiri sejak 2017 dengan penuh support dan dukungan dari orang tua. Wisuda ini merupakan angkatan pertama yang diikuti sebanyak 63 santri dan sebenarnya kami sudah mempunya santri sebanyak 148 orang,” kata Bu Doktor Cheri sapaan akrabnya.

“Selamat buat anak-anak ku yang di wisuda hari ini, semoga hal ini menjadi motivasi bagi nya untuk lebih bersemangat lagi untuk melanjutkan hafalan Al-Qur’an, Aamiin,” ujarnya.

Doktor Cheri mengaku bersyukur atas terselenggaranya acara wisuda angkatan I.

“Alhamdulillah, saya bersyukur bisa melakukan wisuda untuk para santri. Mohon dukungan kepada bapak-Ibu untuk mendukung putra-putri menghafal Alqur’an sampai khatam menjadi hafidz dan hafidzah,” ucap Mantan Ketua HIPMI Bone.

“In Syaa Allah kita akan selalu berbenah lebih baik dan selalu senantiasa meminta masukan saran bapak ibu wali untuk bagaimana rumah Tahfidz Ummul Qura bisa lebih eksis kedepannya,” tutupnya.

Kepala Kantor Kemenag Bone, menyampaikan apresiasi serta rasa syukur yang setinggi-tingginya untuk keberadaaan rumah tahfidz Ummul Qura yang telah menghasilkan santri-santri penghafal Quran di Kabupaten Bone.

“Saya berharap yang diwisuda hari ini (angkatan I) dapat melanjutkan dan menamatkan nya sampai 30 Juz. Saya inginkan anak-anak kita ini berkarakter Al-Qur’an,” kata Dr. H. Wahyuddin Hakim.

Kakan Kemenag Bone ini berpesan kepada santri ya g diwisuda agar tetap menjaga nama Rumah Tahfidz Ummul Qura.

“Sebagai alumni yang sudah wisuda. Hampir setiap gerakan, tingkah bicara, tingkah laku kita mewakili nama Ummul Qura. Tolong dijaga karakter nya demi nama Ummul Qura,” pungkasnya.

Drs. H. Muh. Rusli,M.Si dalam sambutannya memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini sebab menurutnya kegiatan ini memiliki peran penting dalam upaya menumbuhkembangkan minat baca Al Qur’an dikalangan masyarakat di Bumi Arung Palakka.

“In Syaa Allah kedepannya Kabupaten Bone akan memiliki para penghafal Alquran yang mampu wujudkan keberkahan daerah kita cintai Ini,” ujarnya.

“Dan melalui rumah Tahfiz ini, kita patut syukuri karena di Kabupaten Bone akan muncul ahli-ahli Qur’an dan oenghafal Al Qur’an yang akan memakmurkan agama Islam di pelosok wilayah Bone,” katanya.

Ia juga memberikan penghargaan serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada guru, ustadz ustadzah Ummul Qura yang serius dan konsisten dalam membina para santriwati Tahfidz ataupun penghafal Alquran.

“Keberadaan rumah Tahfiz Ummul Quro ini merupakan salah satu bentuk pendidikan nilai nilai Al-Qur’an dalam membina kepribadian seorang muslim sejak usia dini. Seorang muslim akan dapat mengamalkan nilai-nilai Islam dengan baik,” ungkapnya.

Dalam prosesi wisuda penghafal Al Qur’an kali ini digelar dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat kepada seluruh santri maupun orang tua santri yang hadir. (Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.