Posko Desa Mattampae KKN-DIK UNIM Bone Lakukan Seminar, Ini Program Kerjanya

oleh -110 x dibaca

PONRE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Mahasiswa (I) Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-DIK) Angkatan I Universitas Muhammadiyah (UNIM) Bone yang ditempatkan di Desa Mattampae Kecamatan Ponre Kabupaten Bone menggelar seminar program kerja (Proker) tingkat desa pada Sabtu, 31 Juli 2021.

Seminar Proker ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Mattampae yang dihadiri oleh Kepala Desa Syamsul Bahri, Dosen Pembimbing Sandi, S.Pd, M.Pd, Sekdes Mattampae, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Aparat Desa, Kadus, Tokoh Agama, Masyarakat, Perempuan, Pemuda serta ke tujuh mahasiswa peserta KKN-DIK.

Seminar dilaksanakan dalam rangka memaparkan tentang Proker yang akan dilaksanakan selama berada di Lokasi KKN-DIK atas dasar hasil observasi lapangan diawal kedatangan nya.

Berdasarkan dari keterangan yang diperoleh program kerja Mahasiswa (i) KKN-DIK itu berfokus pada pendidikan dan keagamaan. Akan tetapi karena pandemi sehingga proses belajar di sekolah masih di rumahkan.

“Sehingga saya mendorong mahasiswa untuk melakukan kegiatan pendidikan dan keagamaan seperti di bidang pendidikan pembelajaran dan pengajaran di luar sekolah yang dilaksanakan di sekretariat Pokja sehat yang lokasinya terbuka dengan alam dan dibagi kelompok agar pembelajaran tidak menimbulkan kerumunan dan melatih serta mengajak siswa untuk patuh prokes hidup sehat seperti mencuci tangan sebelum belajar,” jelas Dosen Pembimbing.

“Dan juga dibidang ini akan dilaksanakan kegiatan pelatihan pengenalan komputer bagi murid Sekolah Dasar (SD),” tambahnya.

Selain dibidang Pendidikan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) itu juga memiliki proker dibidang keagamaan. “Bidang keagamaan mengajar TK TPA bekerja sama dengan Desa Mattampae serta mengadakan lomba menghafal surah pendek, adzan, pildacil, ditingkat SD dan SMP yang tentu tidak lepas dari pengawasan Pokja sehat dan kader Desa Mattampae agar prokes tetap berjalan,” jelasnya lagi.

Masih dikatakan Sandi, bahwa dalam seminar itu juga telah disepakati adanya program kerja bidang kesenian.

“Serta juga pada bidang kesenian pelajar SMP akan dilaksanakan kegiatan pelatihan Tari padduppa dan tari kreasi kepada pelajar SMP dengan tujuan agar kader-kader ini nantinya bisa dijadikan aset bagi Desa Mattampae pada setiap Iven atau kegiatan kemasyarakatan kedepannya,” ungkapnya.

“Tidak terlupakan kegiatan sosial masyarakat seperti baksos, lomba kebersihan, senam sehat bersama warga dan aparat desa dan membuat pembatas dusun yang permanen,” tambahnya.

Lanjut Sandi, tetap meminta kepada mahasiswa untuk membantu pemerintah dalam mensosialisasikan tentang penerapan Protokol Kesehatan dimasa Pandemi Covid-19.

“Semoga program kerja yang telah ditetapkan dapat terealisasi dengan lancar,” tutupnya.

Sementara Pemerintah Desa Mattampae Kecamatan Ponre juga merespon baik dari setiap program kerja Mahasiswa FIKP KKN-DIK UNIM Bone. (Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.