Kreatif!!! Tim Peneliti UNIM Bone melakukan Integrasi Sigajang Laleng Lipa Dalam Pembelajaran

oleh -394 x dibaca

KAHU, TRIBUNBONEONLINE.COM–Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan ajang yang sangat bergengsi khususnya bagi mahasiswa. Salah satu tim dari Universitas Muhammadiyah (UNIM) Bone mendapatkan pendanaan PKM 5 bidang tahun 2021 dengan judul Integrasi Sigajang Laleng Lipa Dalam Pembelajaran.

Tim ini diketuai oleh Murasyidah Masri Pendidikan Matematika, Nurlia Pendidikan Matematika sebagai anggota satu dan Tri Puspita Sari sebagai anggota dua. Hal ini diterapkan bagi siswa Kelas XI IPA 2 SMA 6 Bone Kecamatan Kahu.

Nurlia mengatakan, penerapan pembelajaran sigajang laleng lipa terdiri atas empat tahapan, yaitu tahap sipatudang, sipalolongeng, sigajang/sigetteng, dan sidampengeng. Ke empat tahapan ini diterapkan secars online dengan berbantuan aplikasi zoom.

“Mengingat adanya pandemi yang mengakibatkan proses belajar mengajar tidak dapat dilakukan secara tatap muka maka dari itu pelaksanaan pembelajaran sigajang laleng lipa kami lakukan secara daring dengan bantuan beberapa platform internet seperti zoom, aplikasi pembagi kelompok, dan masih banyak lagi,” katanya kepada Tribun Bone Selasa, 11 Agustus 2021.

Ia menambahkan, pembelajaran sigajang laleng lipa merupakan strategi pembelajaran baru dimana proses pembelajaran diintegrasikan dengan budaya yang memiliki makna tersendiri.

“Integrasi ritual sigajang laleng lipa sarat makna sebagai strategi peningkatan high order thinking skills dalam pembelajaran berbasis pemecahan masalah,” tutupnya.(Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.