Tim PKM-PM UNIM Bone Gunakan Baterai dari Kulit Pisang sebagai Powerbank

oleh -390 x dibaca

KAHU, TRIBUNBONEONLINE.COM–Salah satu tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Muhammadiyah Bone kembali menarik perhatian, lantas membuat Powerbank dengan memanfaatkan baterai dari kulit pisang. Tim PKM-PM berjudul “Pasta Elektrolit dari Limbah Kulit Pisang menjadi Bio-Baterai (Baterai Alternatif) melalui Diseminasi Olah Praktis pada Ibu PKK Dusun Kallimpo Desa Palakka Kecamatan Kahu” ini diketuai oleh Melda (Pendidikan Biologi) dengan anggota A. Nurannisa (Pendidikan Matematika) dan Sartika Sari Dewi (Teknologi Pendidikan).

Tim ini awalnya hanya membuat baterai dari olahan limbah kulit pisang berupa pasta elektrolit. Akan tetapi, melihat kebutuhan baterai yang mulai menurun tim mencoba mencari cara agar baterai tetap digunakan, sehingga membuat power bank dengan memanfaatkan alat-alat bekas.

“Powerbank merupakan salah satu kebutuhan banyak orang saat ini, namun memerlukan listrik untuk dapat digunakan. Tim kami dalam hal ini merakit sebuah powerbank dengan memanfaatkan remot TV yang telah rusak sebagai wadah baterai, sehingga menghasilkan powerbank dengan bersumber pada baterai. Adapun baterai yang kami gunakan adalah baterai yang telah dibuat sebelumnya menggunakan limbah kulit pisang,” tutur Sartika Sari Dewi Rabu, 18 Agustus 2021.

Hasil dari tim PKM-PM ini menjadi sebuah inovasi baru yang sangat kreatif, dimana selama ini kurang dimanfaatkan masyarakat, seperti remot dan baterai. Remot bekas banyak ditemui dalam setiap rumah tangga yang tidak terpakai lagi, dalam hal ini dimanfaatkan kembali menjadi powerbank yang bersumber pada baterai dari kulit pisang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.