Pramuka SMAN 1 Bone Gelar Pelantikan Penegak Bantara

oleh -328 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM– Gerakan Pramuka Gugus Depan 22.035 dan Gugus Depan 22.036 Ambalan La Tenri Sukki dan We Tenri waru yang berpangkalan di UPT SMAN 1 Bone menggelar kegiatan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara pada Rabu, 20/10/2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Upacara SMAN 1 Bone Jalan Ternate Kelurahan Jeppe’e Kec. Tanete Riattang Barat dengan menerapkan protokol standar kesehatan secara ketat dan disiplin

Tema dalam kegiatan kali ini adalah “Menciptakan pemimpin yang disiplin dan bertanggung jawab berlandaskan nilai-nilai Dasa Darma dan Tri Satya”.
Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Muhammad Idris, S.Pd.,M.Si selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Drs. Ishak.,M.Pd (Penanggung Jawab), St. Rahmatia, SE.,S.Pd selaku Ketua Gugus Depan 22.036, Sultan Rustan, S.Pd (Pembina Putra), Hj. Yusnawati, S.Pd, Faidah, S.Pd, Musnaeni, S.Pd, ketiganya merupakan Pembina Putri.

Dalam arahannya, Muhammad Idris, S.Pd.,M.Si selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan non formal dan wadah pembentukan karakter peserta didik melalui kegiatan pendidikan kepramukaan yang menarik, menantang sekaligus mengandung unsur pendidikan.

Salah satu Metode Kepramukaan yakni Sistem Tanda Kecakapan yang terbagi menjadi Tanda Kecakapan Umum (TKU), Tanda Kecakapan Khusus (TKK) dan Tanda Kecakapan Pramuka Garuda (TPG).

Kegiatan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara merupakan salah satu agenda rutin yang dilaksanakan di Pangkalan SMAN 1 Bone. Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan dalam bentuk upacara.
Peserta didik yang telah menyelesaikan Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak Bantara tentunya akan dilantik dan dikukuhkan melalui proses dan mekanisme yang berlaku khususnya di Pangkalan SMAN 1 Bone.

Tujuan kegiatan tersebut pada dasarnya adalah untuk mengangkat dan mengukuhkan adik-adik calon penegak menjadi anggota Gerakan Pramuka, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, tujuan lainnya adalah untukmembentuk manusia yang berbudi pekerti luhur sehingga menjadi warga negara Indonesia yang berpancasila seperti tercantum dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

“Alhamdulillah, kami sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara yang dilaksanakan oleh Pangkalan SMAN 1 Bone,” katanya.

“Besar harapan kami, kepada adik-adik yang baru saja dilantik dan dikukuhkan menjadi pramuka penegak bantara agar terus menempah diri dan mengembangkan minat, bakat dan potensi yang dimiliki,” tambah Muhammad Idris, S.Pd.,M.Si.

Adapun Pramuka Penegak Bantara yang dilantik dan dikukuhkan berjumlah 15 orang yang terdiri atas 7 Putra dan 8 Putri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.