BPP Ponre Manfaatkan Pekarangan Ternak Lele Dumbo

oleh -45 x dibaca

PONRE, TRIBUNBONEONLINE.COM– Dimasa sulit akibat Pandemi Covid – 19, berbagai macam usaha bisa digeluti untuk mendapatkan penghasilan.

Salah satu usaha yang bisa digeluti yakni berternak Ikan Lele Dumbo, selain tidak membutuhkan lahan yang luas, Lele dumbo merupakan salah satu jenis lele yang prospek keuntungan yang didapatkan cukup besar sebab cara membudidayakan ikan lele ini sangat mudah serta jenis ikan ini banyak diminati.

Melihat prospek ternak Lele Dumbo cukup menjanjikan, pihak BPP Kecamatan Ponre memanfaatkan lahan pekarangan Kantor BPP Ponre di Desa Pattimpa Kecamatan Ponre Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan.

Pemanfaat lahan pekarangan dengan ternak Lele Dumbo tersebut menggunakan kolam terpal ukuran 8 x 5 meter dengan jumlah ikan sebanyak 1000 ekor.

“Idealnya masa panen ikan lele dumbo berkisar 3 bulan, sementara saat ini usia ikan sudah 2 bulan,” ungkap H. Gesma Kepala BPP Ponre kepada awak media pada Jumat, (29/10/2021).

Dalam membudidayakan ikan lele dumbo ini perlu ketlatenan serta sabar supaya hasilnya menjadi memuaskan, “Yang pelihara penyuluh PNS dan penyuluh swadaya Kecamatan Ponre, sementara cara pemeliharaan yang dilakukan semi intensif,” ucapnya lagi.

H. Gesma juga menyebut potensi ternak lele dumbo cukup menjanjikan mengingat semakin banyak rumah makan maupun restoran di Kabupaten Bone, “Mudah – mudahan berjalan lancar sehingga hasilnya memuaskan, mengingat pospek cukup baik, hal ini ditandai dengan banyaknya tempat makan sari laut dipinggir jalan, ,” tambahnya. (hamka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.