Dinas PSDA Sosialisasi Konsultasi Publik Implementasi RP2I

oleh -56 x dibaca

WATAMONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Dinas PSDA (Pengelolaan Sumber Daya Air) dan Bina Kontruksi Bone gelar Sosialisasi-Konsultasi Publik Implementasi Rencana Pengelolaan dan Pengembangan (RP2I) dan naskah akademik revisi perda irigasi Kab.Bone melalui program IPDMIP Sub kegiatan koordinasi dan sinkronisasi peningkatan kapasitas kelembagaan pengelolaan SDA Kewenangan Kabupaten/Kota tepatnya Rabu, 8 Desember 2021 di Toraja Hotel Novena Jl.Ahmad Yani Watampone.

Kegiatan yang dibuka Sekda Bone Drs H Andi Islamuddin, MH dihadiri Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jenneberang, Ketua Bappenperda DPRD Bone, Kepala Bappeda, Ketua COT-UNHAS selaku Tenaga Ahli, Kadis Tanaman Pangan, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Perikanan, Kadis Ketapang, para Kepala BPP Penyuluh dan UPTD PSDA, Para GP3A semua Kewenangan Pusat, Provinsi dan Kabupaten.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Kontruksi Bone, H Andi Muh Yusuf, S.IP, MH melaporkan, program IPDMIP ini dilandasi MoU antara pemerintah pusat yang diwakili Direktur Jenderal Kementerian PUTR dan Sekda Kab.Bone. Dalam kesepakatan tersebut diamanahkan adanya integrasi dan kolaborasi antar OPD yang bertanggung jawab dalam pengembangan dan pengelolaan irigasi yakni Bappeda, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura, serta Dinas Sumber Daya Air dan Bina Kontruksi yang selanjutnya disebut Proyek Implementasi Unit (PIU).

Dalam MoU tersebut ketiga OPD ini berkewajiban membuat suatu dokumen perencanaan berupa rencana pengembangan dan pengelolaan irigasi disingkat RP2I, dan juga melalui program IPDMIP kita juga diwajibkan meninjau kembali Perda Irigasi yang sudah ada untuk disesuaikan dengan peraturan yang terbaru.

Sekda Bone, Drs H Andi Islamuddin, MH menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud menyebarluaskan informasi tentang Rencana Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi (RP2I) dan Rencana Revisi Perda tentang Irigasi kepada seluruh pemangku kepentingan baik dari unsur pemerintah maupun non pemerintah.

“Dimana kita ketahui, bahwa Rencana Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi (RP2I) merupakan dokumen acuan dalam pelaksanaan pengembangan dan manajemen irigasi partisipasi yang terintegrasi dengan tujuan mewujudkan dan meningkatkan sasaran pembangunan pertanian dilahan beririgasi serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan petani di pedesaan pada Kabupaten Bone,” tambahnya.

Penulis : Ilyas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.