Kado Ultah ke-46 H. Muslimin Pengusaha Sukses Yang Sempat Putus Sekolah

oleh -124 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–H.Muslimin, SE, MM atau akrab disapa Haji Iming adalah sosok pengusaha sukses asal Desa Bulu Tanah Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone yang merintis karier dari nol. Pria kelahiran Dusun Cangkano, 14 Desember 1975 itu, saat ini telah dikenal sebagai pengusaha koperasi yang sukses. Di desa kelahirannya Bulu Tanah, dapat dikatakan Haji Iming adalah pengusaha terkaya. Namun tidak banyak yang tahu bahwa sebelum sesukses sekarang, Haji Iming juga pernah merasakan pahit getirnya hidup.

Anak keenam dari sembilan bersaudara, Haji Iming dibesarkan oleh orang tua bernama H. Mappe dan Hj. Maemunah yang hanyalah seorang petani dan ibu rumah tangga biasa. Namun demikian, mereka (ortu Haji Iming, red) mampu mengantarkan kesembilan anaknya termasuk H. Muslimin meraih sukses.

Haji iming bersama salah satu kakaknya yakni H. Rusli saat masih kecil mengaku hidup susah dan sempat putus sekolah lantaran kakaknya yang lain membutuhkan biaya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

“Saya sembilan bersaudara, qodarullah pernah merasakan hidup susah tepatnya tahun 1988. karena keempat ķakak saya melanjutkan pendidikan (kuliah) jadi saya dan kakak kelima H. Rusli, beliau sekarang menjadi Kades terpilih Bulu Tanah harus putus sekolah,” ungkap Haji Iming.

Meski demikian, Haji Iming tidak lantas berputus asa. Dirinya bahkan pernah menekuni pekerjaan sebagai nelayan selama dua tahun demi membantu keluarga.

“Kemudian kami berdua (bersama H. Rusli) melanjutkan sekolah tingkat atas yang sempat tertunda, disela-sela waktu sekolah saya masih bisa bekerja untuk memenuhi kebutuhan sekolah,” paparnya.

Akhirnya, setelah tamat SMA tahun 1996, di sanalah karier Haji Iming di dunia koperasi dimulai hingga mengantarkannya menduduki posisi penting saat ini yaitu sebagai Wakil Ketua Pimpinan Harian Sulselbar. Tak puas dengan pendididikan 12 tahun, Haji Iming disela-sela kesibukannya tetap memprioritaskan pendidikan yakni gelar S1 yang diraih 2013 di UVRI Makassar dan gelar S2 diraih 2021 di Universitas Nobel Indonesia Institute.

“Selama 27 tahun bekerja di perusahaan yang saya naungi, alhamdulillah bisa mengantarkan saya sampai ke posisi sekarang, semoga menjadi berkah buat saya bersama keluarga khususnya dan bermanfaat untuk orang lain pada umumnya,” harapnya.

Selain usaha koperasi, Haji Iming juga membuka usaha lain seperti toko bahan bangunan serta tempat pencucian motor dan mobil.

Selain aktif berusaha, Haji Iming yang dikenal sebagai sosok yang berjiwa sosial, juga aktif berorganisasi, salah satunya yang saat ini terus aktif bergerak di bidang sosial kemanusiaan yakni Komunitas 99 Indonesia. Komunitas tersebut sejauh ini telah banyak membantu sesama yang membutuhkan.

Selain itu, suami dari Masriatun Nurfahuddin yang dikenal sebagai ibu rumah tangga dengan sosok yang agamis, juga dipercaya sebagai Ketua Yayasan Al Mubarak sekaligus Pembina Rumah Tahfidz Al Qur’an Bulu Tanah, disamping juga sebagai Ketua KSP Mattiro Deceng Kabupaten Bone.

Kini, ayah dari Ash Shiddiq Al-Fachrezy Muslimin dan Asy Syifa Shidqia Putri Muslimin itu berharap agar kedepannya dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi, tidak hanya dalam urusan dunia namun juga akhirat.

Selamat Ulang Tahun ke-46, 14 Desember 2021 kepada Pak H Muslimin. Semoga panjang umur, sehat selalu dan tambah banyak rejeki.

Penulis : Lina Sarfina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.