Bupati Bone Tutup Diklat Dasar Anggota Baru Satpol PP Bone

oleh -200 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM– Upacara Penutupan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Anggota Baru Satpol PP Kab.Bone dirangkaikan dengan Pembaretan secara simbolis Anggota Baru Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bone yang berlangsung Senin, 17 Januari 2022 di Halaman Kantor Bupati Bone Jl.Ahmad Yani Watampone.

Upacara ini dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab. Bone dan Kepala OPD Kab. Bone. Dalam kesempatan ini Bupati Bone menyerahkan bonus kepada salah satu Anggota Satpol PP Kab. Bone an.Aditya Wahyudi yang sukses mengharumkan nama Bone dalam PON XX PAPUA 2021cabang olahraga Judo serta memberi selamat kepada para Anggota Baru Satpol PP Bone.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bone Andi Akbar, S.Pd, M.Pd melaporkan, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah mengacu kepada peraturan Pemerintah RI Nomor 16 Tahun 2018 tentang Satuan Polisi Pamong Praja pada dasar 19 ayat 1 yang menyatakan bahwa Polisi Pamong Praja wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar.

“Adapun maksud dan tujuannya, sebagai pembekalan ilmu pengetahuan kepada anggota Satpol PP terkait sikap, perilaku, wawasan dan pembentukan jiwa korsa anggota. Tujuan, agar Anggota Satpol PP Bone dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dalam kegiatan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, penegakan perda serta perlindungan masyarakat,” terangnya.

Bupati Bone selaku Inspektur Upacara Dr H.Andi Baso Fahsar M Padjalangi, M.Si menyampaikan, melihat besarnya tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada Satpol PP dalam upaya peningkatan pengembangan kapasitas Polisi Pamong Praja diperlukan suatu pembekalan kepada Aparat Polisi Pamong Praja melalui Pendidikan dan Pelatihan secara sistematis yang berstandar wawasan nasional serta sesuai dengan tuntutan perubahan, perkembangan maupun permasalahan aktual yang berkembang dewasa ini, utamanya yang berkaitan dengan optimalisasi penyelenggaraan ketertiban umum dan penjabaran peraturan daerah.

Diakhir sambutan, Inspektur Upacara menyampaikan beberapa pesan kepada Pelaksanaan tugas lapangan Anggota Satpol PP yaitu 1. Anggota Satpol PP dalam menjalankan tugas dan fungsinya tidak mengutamakan atau mengedepankan kekerasan dalam penegakan peraturan di faerah, lakukan cara pendekatan persuasif, ajak masyarakat berdialog, berikan pemahaman kepada masyarakat yang belum paham akan peraturan daerah, 2. Jangan jadikan seragammu sebagai wibawamu tetapi jadikanlah wibawa sebagai seragammu, lakukan dan jalankan tugas secara tegas, profesional, proporsional serta humanis, 3. Lakukan Koordinasi dan Komunikasi dengan Instansi terkait, Pimpinan dan Pejabat Daerah, agar setiap menjalankan keputusan dapat terorganisir dengan baik. Apabila tidak mampu melaksanakan hal yang sifatnya massal, maka harus berkoordinasi dengan Kepolisian di Daerah, 4. Tingkatkan kemampuan Satpol PP, optimalisasikan kemampuan dalam membantu Kepala Daerah dan kesigapan dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat.

Penulis : Ilyas89

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.