Bupati Resmikan Salut Bone

oleh -586 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Bupati Bone, Dr H Andi Baso Fahsar M Padjalangi, M.Si bersama dengan Rektor Universitas Tebuka Prof. Ojat Darojat, MBus, PhD meresmikan pendirian Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Kabupaten Bone bertempat di Jl. Agussalim No. 12 Watampone, Jumat, 01 April 2022.

SALUT ini digagas dengan tujuan menyebarluaskan Layanan Pendidikan Tinggi Universitas Terbuka sebagai Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia dengan sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh.

Peresmian Pendirian Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) ditandai dengan penandatanganan piagam peresmian dan pengguntingan pita oleh Bupati Bone dan Rektor UT.

Hadir Wakil Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan Maya Marya, SE, MM, Direktur UT Makassar Drs Hasanuddin M.Si, Penanggung Jawab Bidang Humas UT Makassar Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE, MM, Owner sekaligus Manager SALUT Bone Hartono, ST, serta dihadiri Plt Kepala BKPSDM Bone H Rusli, Asisten I Anwar, Asisten II Andi Ikhwan Burhanuddin, Kadis Pendidikan Andi Faharuddin, Kadis PMD Andi Gunadil Ukra, dan Kabag Prokopim Setda Bone H Barham.

Manager Sentra Layanan Universitas Terbuka Bone, Hartono ST menjelaskan, SALUT ini dihadirkan di kabupaten/kota lebih kepada untuk mendekatkan pelayanan UT kepada masyarakat luas terutama kepada calon mahasiswa ataupun masyarakat yang membutuhkan informasi tentang UT.

“Jadi jika selama ini dikatakan UT tidak punya kampus sebenarnya kampusnya besar di Makassar dan di Jakarta dan SALUT ini perwakilan dari kampus dan menyerupai kampus dan melayani semua kebutuhan mahasiswa. Dan jika dibutuhkan perkuliahan ofline ada juga beberapa kelas yang kita buat untuk kuliah ofline. Termasuk ruang laboratorium komputer yang mana itu diharapkan bisa membantu mahasiswa entah itu pengiriman tugas atau apapun itu yang sifatnya berbasis data dan harus connet dengan internet, maka SALUT ini menyiapkan layanan internet yang cepat kemudian bisa digunakan oleh seluruh mahasiswa SALUD di Kabupaten Bone untuk kemudian memudahkan mereka dalam pengiriman tugas tugas bahkan proses perkuliahan mereka,” ujarnya.

“Di sentra layanan ini juga mahasiswa dapat menjalani kuliah online. Kita siapkan fasilitasnya karena kecepatan internet di sini besar sehingga mudah untuk kemudian mengakses semua perkuliahan baik secara langsung via daring ataupun juga dalam bentuk perkuliahan bentuk-bentuk penugasan yang diberikan oleh UT,” tambahnya.

Rektor Universitas Terbuka, Prof Ojat Darojat, MBus, PhD mengatakan, SALUT telah beroperasi dan bekerja selama 37 tahun. Dalam perjalanannya banyak capaian yang telah diperoleh. UT didirikan untuk membantu masyarakat yang tidak bisa melanjutkan pendidikan karena persoalan ekonomi, alasan geografis atau dengan alasan kapasitas akademis.

“UT didirikan untuk menjawab ini semua, makanya ketika menerima mahasiswa baru UT tidak boleh ada seleksi akademik cukup hanya seleksi administrasi saja yang penting memiliki ijazah SLTA, UT tidak boleh menolak. Bahkan yang kuliah di UT tidak istilah DO.

“Mudah-mudahan adanya Sentra Layanan UT pertama di Indonesia Timur dapat memberikan keberkahan bagi masyarakat Bone,” ujarnya. Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi mengaku paling bahagia dengan hadirnya SALUT di Bone. Karena secara tidak langsung UT akan mempermudah masyarakat Bone dalam mengenyam pendidikan.

“Sekarang ada kesan UT sudah tidak ada, tapi hadirnya SALUT menjawab keresahan itu. Apalagi kelebihan UT adalah negeri, murah meriah dan berkualitas, tenaga pendidiknya tidak diragukan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Sisa bagaimana UT memanfaatkan para alumninya yang sudah mencapai 3 ribu orang. Kalau perlu bentuk IKA, kalau ini dimanfaatkan kehadiran SALUT bisa menjadi ramai,” terangnya.

Penulis : ilo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.