Berinovasi, Lurah Lonrae Bone Sosialisasi dan Launching Aplikasi Simpel BRO

oleh -547 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Untuk mempermudah warga mengurus segala urusan administrasi di kantor kelurahan setempat, Pemerintah Kelurahan Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur melaunching aplikasi layanan publik berbasis online, Selasa (17/5/2022).

Aplikasi yang diberi nama Simpel BRO atau Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Berbasis Android ini dilaunching dan diuji coba pertama kali di Aula Pertemuan Kantor Lurah Lonrae.

Sosialisasi dan Launching Simpel BRO ini dihadiri langsung oleh Camat Tanete Riattang Timur, Andi Arman Boby, S.STp, M.Si, Lurah Lonrae Andi Aynal Qitri, S.St, lurah se Kecamatan Tanete Riattang Timur, Seklu Lonrae, staf, Kepala Lingkungan serta Tokoh Masyarakat, perempuan, pemuda dan tokoh agama.

Dari keterangan yang diperoleh bahwa, Aplikasi Simple BRO merupakan implementasi proyek perubahan Lurah Lonrae yang telah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan XXXII Pemerintah Kabupaten Bone bekerjasama dengan BKPSDM Provinsi Sulsel tahun 2022.

Dengan adanya Simpel BRO, warga Kelurahan Lonrae (terdaftar didata base) dapat lebih mudah lagi dalam pelayanan administrasi. Bahkan warga dapat mengajukan pelayanan dimanapun berada dan hanya dalam genggaman.

Hal ini, juga sebagai langkah meningkatkan pelayanan secara prima kepada warga Kelurahan Lonrae. Mereka (warga, red) tidak perlu repot lagi datang ke kantor lurah untuk melakukan pengurusan administrasi. Warga cukup mengunduh aplikasinya.

“Terdapat 21 Layanan didalam aplikasi, tidak menutup kemungkinan kedepanya akan ada penambahan. Ada juga Layanan Komplain. In Syaa Allah kami akan tindak lanjuti aduan masyarakat. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang di Kantor Lurah, jika permintaan masyarakat selesai dikerjakan di kantor akan ada notifikasi muncul diaplikasi yang telah didownload,” kata Lurah Lonrae.

Lanjut Andi Aynal Qitri, S.St, kami berharap bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena melihat perkembangan jaman.

“Memudahkan segala informasi dan bentuk kepengurusan tidak lagi membuat warga lama antri di Kantor. Kita dapat menggunakan Aplikasi ini baik dan benar. Dan bukan berarti kami menutup ruang bagi warga untuk melakukan tatap muka. Kami membuka komunikasi yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Lonrae,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kepada Pemerintah Kecamatan Tanete Riattang Timur.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Petta Camat selaku mentor kami, selama ini tidak berhenti selalu memberikan arahan dan masukan kepada kami selama mengikuti pelatihan kepemimpinan,” tambahnya.

Sementara Camat Tanete Riattang Timur dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Lurah Lonrae atas inovasi yang dilakukan.

“Selaku Camat Tanete Riattang Timur kami apresiasi dan penghargaan kepada Lurah Lonrae atas inovasi ini. Sehingga menciptakan aplikasi Pelayanan begitu dekat kepada masyarakat. Bukan berarti mau putus tatap muka. Diaman pun berada kita bisa mendapatkan pelayanan,” ungkapnya.

“Yang sebelumnya butuh waktu, sekarang bisa kita lakukan dimana pun berada. Masyarakat tidak lagi ribet, karena semua persyaratan dalam pengurusan nya sudah ada dalam Aplikasi,” jelasnya.

Masih kata Camat Tanete Riattang Timur, bahwa Inovasi yang dilakukan Lurah Lonrae belum pernah ada di Kecamatan Tanete Riattang Timur. Masih kata Camat, sekarang teknologi sudah canggih sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor lurah untuk mengurus berbagai keperluan administrasi.

“Agar nantinya aplikasi ini bisa terealisasi di Lurah lainnya. Masyarakat bukan lagi mendapat pelayanan Prima tapi super prima. Mudahan-mudahan ini selalu update datanya,” kata Andi Arman Boby.

“Sangat bangga sekali atas inovasi ini. Ini belum pernah ada di Kecamatan Tanete Riattang Timur. Mohon dukungan nya kepada lurahnya,” tambahnya.

Ditempat yang sama, salah seorang warga mengaku bangga melihat inovasi yang dilakukan oleh lurahnya.

“Tentu diawal kami sedikit repot menggunakan aplikasi ini. Tapi kami bangga dan apresiasi yang dilakukan oleh Petta Lurah karena kedepanya pelayanan akan lebih mudah dan baik lagi,” kata Mandapi. (Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.