THP UNIM Bone PKM di SDI 12/79 Bolli

oleh -484 x dibaca

PONRE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Dosen Program Studi Teknologi Hasil Peternakan (Prodi THP) Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah (UNIM) Bone dirangkaikan bersama Program Kerja Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Peternakan (HIMATEHAPE) TA 2021.

Pelaksana kegiatan terdiri dari lima Dosen THP UNIM Bone Dewi Ramadani, S.Pt., M.Si (Ketua Program Studi), Reski Amaliah, S.Pt., M.Si, Indriani, S.Pt., M.Si, Rika Hari Lestari, S.Pt., M.Si dan Nursani, S.Pt., M.Si beserta para mahasiswa HIMATEHAPE TA 2021.

Kegiatan PKM Dosen dan Mahasiswa ini dilaksanakan pada Kamis 19 Mei 2021, bertempat di Sekolah Dasar Inpres (SDI) 12/79 Bolli yang beralamat di Dusun Sancereng Desa Bolli Kecamatan Ponre Kabupaten Bone.

Kegiatan dilaksanakannya PKM dengan tema Gerakan Ayo Minum Susu “GAMIS” ini yaitu memberikan eduksi bagi para murid bahwa susu merupakan salah satu produk Hasil Peternakan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain itu, juga menjelaskan beberapa jenis susu dan memaparkan kandungan gizi yang ada pada susu serta mengapa kita perlu mengkomsusi susu tiap harinya.

“Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan murid SD Inpres 12/79 Bolli tentang gizi dan menanamkan persepsi positif tentang pentingnya konsumsi susu sebagai minuman sehat, kaya protein dan serat serta alami pada anak usia sekolah,” jelas Dewi Ramadani, S.Pt., M.Si selaku Ketua Program Studi.

“Proses pelaksanaannya Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan disambut baik oleh Ibu Syakirah selaku kepala sekolah dan para guru serta adik-adik murid SD Inpres 12/79 Bolli yang sangat bersemangat atas kunjungan kami,” ungkapnya. Seraya ia menambahkan, saat pemateri memberikan penyuluhan Gerakan Ayo Minum Susu (GAMIS) mulai dari asal-usul dari susu, manfaat dan kandungan gizi yang dikandung oleh susu.

“Kami juga membagikan susu kemasan ke semua murid SD Inpres 12/79 Bolli secara merata dari kelas 1-6,” tambahnya.

Dewi Ramadani, S.Pt., M.Si sebagai Ketua Prodi THP UNIM Bone menambahkan, semoga dari kegiatan PKM yang dilaksanakan ini akan merangsang dan memotivasi anak-anak usia sekolah guna pentingnya gizi bagi generasi penerus bangsa terutama untuk usia sekolah dasar. “Sehingga generasi mendatang yang disiapkan adalah generasi sehat dan pintar. Kegiatan ini juga memperkenalkan Program Studi kami THP FPP UNIM Bone serta minuman susu sapi itu merupakan produk dari hasil peternakan,” tutupnya.

Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Peternakan UNIM BONE, Tahyul mengemukakan bahwa ini pengalaman pertama kami melaksanakan Program Kerja Himpunan dengan Tema Gerakan Ayo Minum Susu (GAMIS). “Kami memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini, apalagi merebahnya berbagai jenis penyakit seperti kemarin wabah Covid-19,” kata Tahyul salah seorang mahasiswa THP.

Lanjutnya, kegiatan mengonsumsi susu sangat penting terutama dalam menjaga imun serta sebagai upaya meningkatkan konsumsi protein hewani bagi anak-anak yang notabene masih tergolong usia dini agar mampu memiliki daya tahan tubuh sekaligus upaya meningkatkan kecerdasan agar kelak menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

“Insyaalah niat baik Proker Kami ini selalu diberi keberkahan dan terutama HIMATEHAPE semakin maju dan berkembang lebih pesat lagi sesuai dengan mottonya “Mari Berkarya Terus Berjaya Sumange’ Tea Lara,” ujarnya.

Irmawati Z, S. Pd. I selaku guru agama mengemukakan bahwa kegiatan PKM yang dilakukan Dosen Mahasiswa Prodi THP UNIM Bone ini sangat mengedukasi para murid SD Inpres 12/79 Bolli tentang pentingnya dan manfaat minum susu bagi kesehatan tubuh.

“Kedepannya saya berharap adik-adik Dosen memberikan penyuluhan lagi tentang Hasil Peternakan semisal tentang manfaat kandungan daging dan telur serta cara pengolahannya,” harapnya. (Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.