UNIM Bone Menguatkan Prestasinya di Kancah Nasional Lolos PKM 2022

oleh -606 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Setelah hijrah dari Sekolah Tinggi menuju Universitas, dalam satu tahun Universitas Muhammadiyah (UNIM) Bone semakin menggeliat untuk semakin menunjukkan prestasi mahasiswa secara nasional.

Sejumlah prestasi mahasiswa yang ditorehkan beberapa tahun ini termasuk membawa pulang Medali Emas dan Perak serta Juara Favorit di ajang PIMTANAS PTMA serta Medali Perunggu dan tiga juara favorit di ajang PIMNAS 2021 serta menjadikan dua delegasinya pada posisi puncak yaitu posisi pertama dan kedua di ajang Pilmapres PTMA yang menunjukkan bahwa UNIM Bone meskipun berada pada Liga 3 tetapi mampu bersaing dengan Liga 1 dan Liga 2 seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA).

Selain itu, sederet prestasi dalam lomba kewirausahaan juga dilibas oleh mahasiswa UNIM Bone termasuk Juara II pada Lomba Kewirausahaan antar perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek di Pontianak serta Juara III dan Favorit diajang LIKMI yang diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta.

Pada sektor publikasi ilmiah UNIM Bone telah menghasilkan sejumlah publikasi pada jurnal dan prosiding Internasional terindex Scopus serta jurnal Nasional bereputasi yang ditorehkan oleh mahasiswa-mahasiswinya.

Tahun ini, UNIM Bone yang berada pada cluster Binaan setelah sebelumnya pada kategori Madya karena hijrah, masih tetap mengharumkan namanya dengan meloloskan sembilan proposal yang terdiri lima pada kategori PKM-PM dan empat pada kategori PKM-RSH yang mengangkat kearifan lokal tanah Bugis serta berada di posisi dua se-LLDIKTI IX.

Prestasi ini jika dikaji lebih jauh, mahasiswa-mahasiswi yang lolos adalah didominasi oleh putra-putri dari Bone Bagian Selatan seperti, Kahu, Patimpeng dan Libureng yang sejak 2017 hingga tahun ini selalu menjuarai ajang bergengsi yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek serta telah menghasilkan kurang lebih 40 Hak Kekayaan Intelektual (HKI) serta hampir semua mahasiswanya telah menerbitkan buku ber-ISBN.

Sungguh suatu prestasi yang gemilang dari putra-putri terbaik bangsa di pelosok Bone bagian selatan ini. “Prestasi ini tidak akan pernah terwujud tanpa dukungan dari Rektor termasuk Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan serta seluruh jajaran civitas akademika yang senantiasa memberikan motivasi dan arahan serta sedari dini kami menanamkan keterampilan penting kepada mahasiswa kami,” ujar Dr Andi M Irfan Taufan Asfar, MT, M.Pd selaku pembina Pusat Prestasi Mahasiswa UNIM Bone, Selasa (1/6/2022).

“Banyak effort yang kami harus lakukan termasuk memberdayakan operator yang tidak kenal lelah, kolaborasi dengan alumni, dosen dan institusi lain serta yang paling penting adalah kesiapsediaan kami selaku dosen untuk selalu membimbing mahasiswa-mahasiswa tanpa kenal lelah demi kemajuan kampus kami yang menjadi titik kulminasi kami untuk mengejar prestasi satu demi satu,” tambah Andi Irfan.

Tidak heran UNIM Bone dalam satu tahun terakhir melejit dan selalu menorehkan namanya di Kancah Nasional. Institusi ini sangat perlu diapresiasi dan dicontoh oleh institusi-institusi yang ada di Kabupaten Bone. Bukan kuantitas tetapi kualitas yang menjadi fokus utama untuk menghasilkan alumni-alumni mumpuni di setiap sektor kehidupan serta mendukung program pemerintah dalam merdeka belajar. (*/Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.