AYP DUKUNG SUBSIDI LISTRIK MASYARAKAT KECIL

oleh -318 x dibaca
Andi Yuliani Paris Saat Rapat Panja Asumsi Dasar Sektor ESDM Komisi VII DPR RI pada Kamis, (2/6/2022)

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Andi Yuliani Paris menyampaikan pandangannya dalam Rapat Panja Asumsi Dasar Sektor ESDM Komisi VII DPR RI pada Kamis, (2/6/2022). Rapat Tersebut dihadiri Direktur Utama PT. PLN dan Kementerian ESDM dalam pembahasan subsidi listrik masyarakat kurang mampu.

Andi Yuliani Paris menuturkan, ia memprioritaskan masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan subsidi. “Kita tentu terus mendorong PT. PLN untuk memprioritaskan masyarakat kurang mampu agar mereka bisa mendapatkan subsidi listrik, khususnya pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA,” ungkap Andi Yuliani Paris.

Melalui aspirasi Komisi VII DPR RI, ditetapkan besaran subsidi sebesar Rp 64,61 Triliun dan kompensasi sebesar Rp 61,37 Triliun apabila tariff adjustment tidak diberlakukan. Pemberian subsidi diberikan kepada 25 golongan tariff, termasuk di dalamnya pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan pelanggan rumah tangga daya 900 VA yang tercatat di dalam DTKS.

Meskipun demikian, Andi Yuliani Paris juga menegaskan perlunya perbaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). “Kami berharap, DTKS ini segera diperbaharui dan diupdate karena masih banyak masyarakat yang kurang mampu belum tercatat di dalam DTKS. Kita tidak boleh menyusahkan rakyat dengan tidak memprioritaskan mereka hanya karena mereka tidak tercatat di dalam DTKS,” harapnya.

Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Sulawesi Selatan ini pun mendorong agar listrik juga dapat dirasakan sampai ke daerah pedalaman. “Masih ada daerah-daerah pedalaman di Sulawesi Selatan yang belum merasakan listrik karena akses yang sulit. Tugas dari PT. PLN dan Pemerintah untuk memastikan bahwa listrik telah dirasakan dan dapat diakses oleh seluruh rakyat Indonesia”, ungkapnya lagi.

AYP sapaan akrab Andi Yuliani Paris juga mendorong penggunaan energi bersih di masyarakat. “Kita tent uterus mendorong Pemerintah untuk menghadirkan sumber-sumber energi bersih di masyarakat melalui program konversi memasak kompor berbahan bakar minyak ataupun gas menjadi kompor induksi yang mengonsumsi listrik dan merupakan sumber energi yang bersih,” kata AYP.

Ia juga berharap, Pemerintah dapat mendorong penggunaan Energi Terbarukan di Indonesia. “Kita punya banyak potensi energi terbarukan, seperti matahari, air, angin, hingga biotermal. Kita berharap, ke depan, Pemerintah dapat terus mendorong agar Energi Terbarukan menjadi energi alternatif yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam menghasilkan listrik ataupun memenuhi kebutuhannya,” tutup AYP. (Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.