Mahasiswa UNIM Bone Siap Menuju PIMNAS

oleh -451 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Lagi-lagi tim mahasiswa bimbingan bapak Dr. A. M. Irfan Taufan Asfar, MT., M.Pd dari Universitas Muhammadiyah Bone berhasil meloloskan proposal pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang penelitian sosial humaniora.

Kali ini, tim mahasiswa berhasil mengangkat penelitian berkearifan lokal dengan memanfaatkan pola bagian (layar) perahu phinisi dalam pembelajaran etnomatematika. “Perahu phinisi merupakan salah satu perahu tradisional Bugis yang sangat legendaris dengan pola bagian (layar) yang unik. Tidak hanya sejarahnya yang menarik perhatian, namun juga bentuk layar yang sangat identik dengan bangun datar matematika,” tutur Wiwi Damayanti selaku ketua tim, Senin (13/6/2022).

Tim PKM-RSH yang diketuai oleh Wiwi Damayanti dari prodi Matematika berkolaborasi dengan mahasiswa prodi Bahasa Indonesia (Ayunita) dan Teknologi Pendidikan (Yulita) merancang media pembelajaran etnomatematika terintegrasi perahu tradisional phinisi khas Bugis berbasis android dalam memudahkan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) memahami materi geometri kesebangunan dan kekongruenan.

“Media pembelajaran berkearifan lokal merupakan hal baru bagi setiap sekolah, terlebih lagi jika mengangkat sejarah legendaris yang sangat terkenal, yaitu perahu tradisional phinisi khas Bugis. Tentunya hal ini dapat menarik perhatian siswa yang dapat meningkatkan motivasi dalam belajar matematika. Saya rasa hal ini sangat perlu mendapatkan apresiasi terhadap penciptaan mahasiswa yang luar biasa,” tutur Irfan selaku pembimbing.

“Kami siap melaksanakan penelitian dan membuktikan hasil yang kami lakukan pada ajang PIMNAS”, tambah Ayunita.

Penelitian yang berjudul “Enchancement Complex Problem Solving pada Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Terintegrasi Pola Bagian Perahu Tradisional Phinisi Khas Bugis Berbantuan Aplikasi Android” berhasil menarik perhatian reviewer dengan meloloskan proposal yang diajukan, dan sangat diharapkan dapat tetap berlanjut hingga ke ajang PIMNAS. (*/Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.