UNIM Bone Persiapkan Riset di SMPN 1 Kahu

oleh -288 x dibaca

KAHU, TRIBUNBONEONLINE.COM–Universitas Muhammadiyah (UNIM) Bone kembali menoreh prestasi pada ajang bergengsi nasional melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Salah satu tim yang lolos mengangkat riset dengan judul Enchancement Complex Problem Solving pada Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Terintegrasi Pola Bagian Perahu Tradisional Phinisi Khas Bugis Berbantuan Aplikasi Android.

Riset yang dikaji mengangkat integrasi budaya perahu tradisional phinisi khas Bugis dalam pembelajaran matematika yang akan diterapkan pada pelajar kelas VIII di SMP Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone.

Dari rilis yang diterima, Sabtu (25/6/2022) tim riset terdiri atas mahasiswa prodi Pendidikan Matematika (Wiwi Damayanti), Teknologi Pendidikan (Yulita), dan Pendidikan Bahasa Indonesia (Ayunita) dengan dosen pembimbing yang handal dalam bidang riset yaitu Bapak Dr. A. M. Irfan Taufan Asfar, MT., M.Pd.

“Sangat unik, mahasiswa berupaya mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari yang biasa ditemui siswa. Hal ini sejalan dengan kurikulum yang kami terapkan berbasis kontekstual,” tutur A. Hasriani Asfar, selaku kepala sekolah.

Tim yang diketuai oleh Wiwi Damayanti ini telah melakukan observasi di sekolah dan diterima dengan ramah oleh pihak SMP Negeri 1 Kahu.

“Kami sangat senang jika ada mahasiswa yang akan melakukan riset di sekolah kami, karena hal ini juga dapat kami jadikan pengalaman untuk dapat meningkatkan kualitas sekolah,” lanjut A. Hasriani.

Sementara Wiwi Damayanti selaku tim riset mengaku bangga dan bersyukur bisa melaksanakan nya di SMP Negeri 1 Kahu.

“Alhamdulillah, kami bisa diterima dengan baik untuk melaksanakan riset. Bahkan, pelajar yang akan kami ajar sudah sangat antusias menantikan pembelajaran yang akan diterapkan setelah kami menyampaikan rencana pembelajaran tersebut,” tutur Wiwi Damayanti.

Kerja sama antara Universitas Muhammadiyah Bone dengan pihak SMP Negeri 1 Kahu diharapkan dapat berlangsung hingga program ini terselesaikan. Setelah melakukan koordinasi dengan pihak sekolah, selanjutnya tim mahasiswa akan mempersiapkan riset yang akan diterapkan pada saat tahun ajaran baru mendatang, mengingat saat ini merupakan minggu tenang siswa setelah melaksanakan ujian akhir semester. (*/Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.