Mahasiswa UNIM Bone Manfaatkan Limbah Kulit Buah Naga Sebagai Liptint Organik Multifungsi

oleh -438 x dibaca

PATIMPENG, TRIBUNBONEONLINE.COM–Universitas Muhammadiyah (UNIM) Bone kembali menorehkan prestasi pada ajang bergensi nasional melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). salah satu tim yang lolos mengangkat pengabdian dengan judul “liptint organik multifungsi: transformasi limbah kulit buah naga kombinasi madu trigona pada ibu PKK Desa Batulappa”.

Ratusan merek liptint (pelembab bibir) beredar dipasaran tidak aman digunakan karena produk liptint yang dihasilkan sebagian besar menggunakan pewarna sintetik dan menimbulkan efek samping berupa iritasi kulit dan menyebabkan kerusakan pada sel-sel tipis pada bibir.

“Padahal masyarakan bisa menggunakan kulit buah naga sebagai pewarna alami dalam pembuatan liptint,” tutur Tri Puspita Sari selaku anggota tim, Senin (27/6/2022).

“Hal ini ini sejalan dengan potensi buah naga yang sangat melimpah sehingga desa batulappa dijuluki sebagai sentra budidaya buah naga kabupaten bone,” tambah Hasri Ningsih, selaku Ketua Kelompok ibu PKK di Desa Batulappa Kecamatan Patimpeng.

Kandungan antioksidan pada kulit buah naga dapat melembabkan bibir dan mengangkat sel-sel kulit mati. selain itu, antioksidan sangat diperlukan tubuh dalam menetralisir radikal bebas dan betasianin dengan nilai antioksidan ic50 sebesar 73,2772 mg/l dapat digunakan sebagai pewarna alami yang relatif lebih aman dibandingkan dengan pewarna sintetik.

Selain itu, pembuatan liptint (pelembab bibir) organik dapat dikombinasikan dengan madu trigona disebabkan adanya senyawa pada sarang lebah madu yang berfungsi sebagai pelindung dan penentu kualitas madu antara lain flavonoid yang merupakan senyawa fenol alami dan bees wax.

Oleh karena itu, kami dari Tim PKM UNIM Bone akan mengedukasi masyarakat setempat melalui pemanfaatan kulit buah naga kombinasi madu trigona sebagai liptint (pelembab bibir) organik multifungsi yang diketuai oleh A. Sindi Cristina mahasiswi semester 2 dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, dengan tim beranggotakan 2 orang yaitu Tri Puspita Sari mahasiswi semester 4 dari program studi Teknologi Pendidikan serta Nurdin mahasiswa semester 2 dari program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, dengan dosen pendamping yaitu Sirwanti, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dilakukan pada Juni 2022 ini, mahasiswa dapat memanfaatkan limbah kulit buah naga menjadi liptint (pelembab bibir) organik multifungsi yang dimitrai oleh kelompok ibu PKK Desa Batulappa untuk mengurangi dampak penumpukan limbah kulit buah naga.

“Melalui PKM ini mitra diharapkan mampu meminimalisir penumpukan yang dapat mencemari lingkungan akibat penumpukan limbah kulit buah naga,” tutur A. Sindi Cristina selaku ketua tim.

Penyuluhan pembutan liptint (pelembab bibir) organik multifungsi dilakukan secara luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan bertempat di Desa Batulappa Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone, tepatnya dirumah salah satu mitra kelompok ibu PKK Desa Batulappa.

“Alhamdulillah, kami bisa diterima dengan baik untuk melakukan pengabdian di desa batulappa. bahkan mitra sangat antusias dalam kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh tim mahasiswa,” kata A. Sindi.

Kerja sama antara Universitas Muhammadiyah Bone dengan pihak kelompok ibu PKK Desa Batulappa diharapkan dapat berlangsung hingga program ini terselesaikan. Setelah melakukan penyuluhan, selanjutnya tim mahasiswa akan mempersiapakan pelatihan pembuatan liptint (pelembab bibir) organik multifungsi kepada mitra kelompok ibu PKK Desa Batulappa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.