Menunggu Wukuf di Arafah CJH Kloter 3 Bone Perbanyak Amalan Sunnah

oleh -517 x dibaca

MEKKAH, TRIBUNBONEONLINE.COM–Sebanyak 343 Calon Jamaah Haji (CJH) Bone sudah melaksanakan serangkaian kegiatan untuk menjadi Haji Mabrur.

Seperti yang diketahui, CJH Bone masuk Kloter 3 UPG yang berjumlah 393 orang. Mereka tergabung dari jamaah Kota Makassar 17 orang, Kabupaten Tana Toraja 17 orang dan Toraja Utara 17 orang.

Ketua Rombongan 3 Kloter 3 UPG, Dr. Ade Fariq Ashar, S.STP, M.Si yang dikonfirmasi, Ahad (3/7/2022) mengatakan, jamaah Bone semuanya dalam keadaan sehat walafiat. “Alhamdulillah, sehat sehat semua,” tulisnya melalui pesan WhatsAppnya.

Ade menyebutkan, CJH Bone sudah melaksanakan umrah wajib pada Ahad, 20 Juni waktu setempat lalu, setibanya di Jeddah langsung ke Makkah.

Ade menceritakan, setiba di Makkah pada Minggu pagi, Jamaah diarahkan langsung ke hotel 207 (sultan) sektor 2 daerah syisiah Makkah untuk istirahat memulihkan tenaga.

Kata Ade, jarak hotel ke Masjidil Haram kurang lebih enam kilometer dan pada malam harinya sudah diperkenankan oleh Petugas Haji Daerah Kerja (Daker) Mekkah untuk melaksanakan Umrah Wajib dengan menggunakan transportasi bus shalawat nomor 2 untuk diantar ke Masjidil Haram untuk melaksanakan Umrah Wajib.

“Hal ini diakibatkan karena kalau siang hari di Makkah suhu berkisar 40-45 derajat, hal ini juga atas pertimbangan menjaga kesehatan Jemaah Haji Kloter 3 UPG,” sambungnya.

Kepala Bappeda Bone ini membeberkan, saat ini sambil menunggu wukuf di Arafah dimanfaatkan jemaah yang tergabung dalam KBIH dengan beribadah di Masjidil Haram. Tidak hanya itu, para jamaah juga banyak mengunjungi tempat-tempat bersejarah peninggalan Rasulullah Muhammad SAW.

“Sebagian juga mengunjungi tempat bersejarah Umat Islam seperti Padang Arafah, Jabal Rahmah, Jabal Tsur, tempat pemotongan dam maupun Qurban dan yang berkenan mengambil umrah kembali diiperkenankan ambil miqat di Masjid Jirana dan Tana’im dan beberpa jamaah pun ada yang melakukan puasa, sambil memperbanyak dzikir dan baca Al-Quran,” jelasnya.

Selain itu, Petugas Haji yang terdiri dari Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah, Tenaga Kesehatan (Nakes) dan Pendamping Daerah yang juga sebagai Ketua Rombongan masing-masing rutin melakukan edukasi, vistasi dan monitoring terkait ibadah, chek up rutin bagi jamaah baik resiko tinggi maupun jamaah yang ada keluhan gejala batuk ataupun pilek.

Ade memohon doa agar seluruh jemaah Kloter 3 UPG diberi kesehatan dan kekuatan untuk mengikuti seluruh rangakain yang menjadi rukun dan wajib haji secara sempurna. “Agar semuanya bisa menjadi haji yang mabrur dan kembali ke tanah air dan keluarga masing – masing dengan keadaan sehat,” harapnya.

Adapun pengumuman waktu wukuf di Arafah yang merupakan puncak kegiatan dari pelaksanaan ibadah haji dari pemerintah Arab Saudi yaitu tepat di hari Jumat waktu setempat. (Ril/Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.