Tim PKM-PM UNIM Bone Melaksanakan Pelatihan Limbah Kulit Buah Naga Sebagai Liptint Organik Multifungsi Pada Ibu PKK Desa Batulappa

oleh -242 x dibaca

PATIMPENG, TRIBUNBONEONLINE.COM–Tim PKM Universitas Muhammadiyah Bone gelar pelatihan dengan judul “Liptint Organik Multifungsi: Transformasi Limbah Kulit Buah Naga Kombinasi Madu Trigona Pada Ibu PKK Desa Batulappa” yang diketuai oleh A. Sindi Cristiana.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 3 tim pelaksana PKM-PM dengan 5 orang mitra Ibu PKK Desa Batulappa. “Alhamdulillah, pelatihan ini sangat bermanfaat karena kami diajari cara membuat liptint (pelembab bibir) organik multifungsi dari limbah kulit buah naga kombinasi madu trigona. Ternyata kulit buah naga yang biasa kami buang begitu saja dapat diolah menjadi liptint (pelembab bibir) organik multifungsi melalui proses yang sangat sederhana,” tutur Hasri Ningsih selaku ketua Ibu PKK Desa Batulappa Kecamatan Patimpeng.

“Meskipun hanya beberapa orang mitra, namun mereka sangat antusias mengikuti kegiatan dan rasa ingin tahunya tinggi ketika kami melakukan pelatihan. Mitra yang hadir siap melanjutkan pelatihan dengan anggota mitra lainnya ketika pandemi Covid-19 tidak lagi menghalangi,” tambah A. Sindi Cristina selaku ketua tim PKM-PM, Sabtu (23/7/2022).

Program PKM-PM sangat membantu kelompok Ibu PKK Desa Batulappa maupun masyarakat setempat dalam mengembangkan potensi yang ada di Desa Batulappa, dengan memanfaatkan limbah kulit buah naga,” sambung Tri Puspita Sari selaku anggota tim PKM-PM.

Pelaksanaan pelatihan tetap berjalan meskipun hanya dihadiri oleh beberapa mitra karena kasusu Covid-19 yang semakin meningkat. Meskipun demikian, tim PKM-PM yang diketuai oleh A. Sindi Cristina tetap semangat melaksanakan pelatihan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk bekal menuju PIMNAS 35. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.