Mahasiswa UNIM Bone Ikuti Pembekalan KKN-DIK

oleh -130 x dibaca
Ketua Panitia sekaligus Kepala LPPM UNIM Bone saat membawakan materi Pembekalan yang diikuti Ratusan peserta KKN-DIK

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Pembekalan Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-DIK) Angkatan II Universitas Muhammadiyah (UNIM) Bone Tahun Akademik 2022/2023 mengusung tema “Mengoptimalkan Peran Serta KKN-DIK Dalam Pendidikan dan Pengajaran” di Auditorium H. Andi Abdullah selama dua hari 25 sampai 26 Juli 2022.

Kegiatan pembekalan tersebut dibuka langsung oleh Rektor UNIM Bone, Dr. H. Muhammad Jafar, S.Pd, M.Pd yang dihadiri langsung oleh Ketua Panitia Dr. Naimah Paronda, S.P, S.Pd, M.Pd, Dekan FKIP, Dekan FPP serta para Ketua Program Studi dan ratusan peserta mahasiswa peserta KKN-DIK dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 177 orang.

Rektor UNIM Bone menyampaikan dihadapan ratusan mahasiswa bahwa program KKN-DIK tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana KKN-DIK ini sasarannya adalah lembaga kependidikan dan sekolah.

Ditempat itu, Rektor juga mengingatkan kepada peserta KKN-DIK agar mempersiapkan diri secara matang.

“kita harapkan bersama kepada mahasiswa memiliki kesiapan mental, keterampilan, dan perilaku untuk menjalani hari-hari selama pelaksanaan KKN-DIK di lokasi dan benar-benar melakukan program dengan baik, khususnya dalam proses belajar mengajar,” jelasnya.

“Saya harapkan kepada pembimbing betul-betul melaksanakan tugas, aktif selalu melakukan kunjungan ke lokasi KKN-DIK. Serta kapada mahasiswa diharapkan mensosialisasikan Kampus dan menjaga nama baik Almamater di lokasi KKN-DIK,” tambahnya.

Sementara Ketua Panitia KKN-DIK menyampaikan, kegiatan pembekalan yang dilaksanakan pada hari ini adalah salah satu upaya untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa UNIM peserta KKN DIK angkatan II tahun 2022 untuk melaksanakan pengabdian masyarakat dilokasi kegiatan yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana.

“Melalui kegiatan pembekalan ini, diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan secara teoritis kepada mahasiswa peserta KKN-DIK UNIM Bone tentang berbagai hal yang berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan, baik kegiatan yang menjadi program kelompok, maumpun kegiatan yang menjadi program individu,” jelasnya.

“Secara umum Kuliah Kerja Nyata pendidikan adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat diluar kampus, dan secara langsung terlibat dalam upaya mengidentifikasi serta menemukan solusi-solusi yang kreatif terhadap berbagai permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh masyarakat,” sambungnya.

Lebih lanjut Dr. Naimah Paronda, menjelaskan, adapun mengenai dasar acuan pelaksanaan KKN DIK antara lain, UUD 1945. UU NO.2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan Nasional. UU No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional. Peraturan pemerintah Nomor 60 tahun 1999 tentang pendidikan tinggi. Surat keputusan Menteri pendidikan dan kebudayaan RI No. 03/39/U/1994 tentang pokok penyelenggaraan perguruan tinggi. Statuta Universitas Muhammadiyah Bone tahun 2019

“Melalui dasar acuan diatas, maka kegiatan KKN DIK pada dasarnya dimaksudkan untuk memberikan pengalaman praktis kepada para mahasiswa Serta bertujuan untuk mengimplementasikan salah satu misi tridharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat,” ungkap Kepala LPPM UNIM Bone tersebut.(Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.