Tim PNUP Dampingi Pelabelan dan Pengemasan POC Desa Latellang

oleh -351 x dibaca

PATIMPENG, TRIBUNBONEONLINE.COM–Pasca pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari akar bambu, Tim Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali dampingi mitra di Desa Latellang Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone untuk melakukan Pengemasan dan Pelabelan terhadap produk hasil fermentasi akar bambu yang dapat digunakan sebagai Plant Growth Promoting Rhizobacter (PGPR) atau bakteri perakaran pemacu pertumbuhan tanaman.

Tim PNUP yang terdiri dari Muh Iqbal Mukhsen, Andi Muhamad Iqbal Akbar Asfar, dan Akhmad Rifai turun lapangan memberikan kembali bekal pengetahuan dan keterampilan kepada mitra Desa Latellang dalam melakukan tata cara pengemasan yang baik serta cara melakukan pelabelan pada hasil produksi POC atau Pupuk Organik Cair yang dihasilkan melalui fermentasi selama kurang lebih dua minggu lamanya.

“Ini adalah follow up kami kepada mitra untuk melihat kendala-kendala yang dihadapi selama produksi POC dari akar bambu agar mitra dpat lebih produktif serta menilai produk ini dapat menjadi produk layak jual yang berimplikasi pada kesejahteraan mitra,” ujar Muh Iqbal sebagai ketua tim, Selasa (16/8/2022).

“Tidak hanya kami memberikan pelatihan pengemasan dan pelabelan, tetapi kami latihkan mitra dalam pemasara dengan menggunakan marketplace agar nantinya mitra dapat berwirausaha dengan memanfaatkan bekal pelatihan-pelatihan yang telah diberikan kepadanya,” tambah Andi Muhamad Iqbal sebagai anggota Tim Pengabdian PNUP.

Menurutnya, Desa Latellang memiliki potensi bahan baku berupa bambu yang cukup untuk pembuatan pupuk POC, sehingga keberlanjutan dari program ini diharapkan mitra di Desa Latellang pada khususnya dan Kecamatan Patimpeng pada umumnya akan benar-benar mampu mereplikasi dan mendiseminasikan kepada kelompok-kelompok masyarakat lainnya.

Replikasi yang baik akan menghasilkan keterampilan yang unggul dari masyarakat desa serta mampu meningkatkan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik dan kuat pasca pandemi Covid-19. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.