Sukses, PT.Bank Sulselbar Cab.Utama Bone Launching Pasar Digital Dengan Menggunakan SIAP QRIS dan Sentra UMKM

oleh -368 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM– PT.Bank Sulselbar Cabang Utama Bone melaunching Pasar Digital Bone Pasar Sentral Palakka dan Sentra UMKM dengan menggunakan S.I.A.P (Sehat, Inovatif dan Aman Pakai) QRIS yang berlangsung pada Sabtu, 20 Agustus 2022 di Pasar Sentral Palakka dan Pelataran Sentra UMKM Bank Sulselbar Cabang Utama Bone Jl.Besse Kajuara Watampone.

Launching Pasar Digital Bone Pasar Sentral Palakka dan Sentra UMKM ini, dihadiri Sekda Bone Drs.H.Andi Islamuddin, MH, Deputi KPW BI Sulsel Rudi Bambang Wijanarto, Plt. Dirut Bank Sulselbar H.Yulis Suwandi, Pemimpin PT.Bank Sulselbar Cabang Utama Bone H.Rahmat Mustamin, Asisten 1 Sekda Bone Anwar, SH, M.Si, MH, Tripika, para Pimpinan OPD,, para KRU Bank Sulselbar Cabang Utama Bone dan para pelaku UMKM (Pedagang dan Agangku).

Plt.Dirut Bank Sulselbar H.Yulis Suwandi dalam sambutannya menyampaikan, kami sebagai Bank Pembangunan Daerah senantiasa memiliki semangat untuk memajukan dan menggerakkan perekonomian di daerah. Momentum pasar SIAP QRIS ini menjadi langkah nyata kami untuk bersinergi dengan seluruh stakeholder Kabupaten Bone dalam rangka memajukan perekonomian daerah Kabupaten Bone.

“QRIS merupakan Quick Response Indonesia standar yang digagas oleh Bank Indonesia dalam memberikan solusi kemudahan dan keamanan dan bertransaksi. Pasar SIAP QRIS ini memberikan kemudahan layanan perbankkan kepada seluruh masyarakat terutama seluruh element yang berkontribusi pada Pasar Sentral Palakka ini,” ujarnya.

“Kemudian banyak keuntungan dalam menggunakan QRIS Bank Sulselbar, diantaranya dapat menerima pembayaran dari seluruh bank/penyedia jasa keuangan seperti dompet digital baik dana, gopay dan aplikasi lainnya tanpa dikenakan biaya bagi masyarakat yang melakukan scan kepada QRIS Bank Sulselbar,” tambahnya.

Selanjutnya, Deputi KPW BI Sulsel Rudi Bambang Wijanarto menyampaikan, program S.I.AP. QRIS merupakan program yang diluncurkan oleh Bank Indonesia bersama Kementerian Perdagangan pada 2021 yang lalu untuk mendorong digitalisasi pasar rakyat dan pusat perbelanjaan. Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati/Sekda Bone dan jajarannya atas komitmen dan kerja kerasnya dalam memajukan ekonomi dan keuangan digital di Kabupaten Bone.

“Hal ini salah satunya tercermin dari capaian Indeks Elektronikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) semester 1 2022 yang berada pada status “Digital” atau tepatnya di angka 91,5 persen peningkatan ini didorong oleh faktor optimalisasi pada kategori implementasi (perluasan kanal pembayaran) dan lingkungan strategis (integrasi SIPD dan CMS). Oleh karena itu, tahapan selanjutnya untuk mempertahankan dan memperkuat Pemda pada kategori digital, perlu upaya untuk meningkatkan kategori realisasi melalui pembayaran pajak dan retribusi secara non-tunai melalui QRIS, Internet Banking, dan e-commerce,” jelasnya.

“Kami juga mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Bank Sulselbar atas peluncuran program S.I.A.P QRIS di Pasar Sentral Palakka yang berpotensi untuk mendukung ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Bone,” tuturnya.

Sekda Bone Drs.H.Andi Islamuddin,MH mengatakan, Kabupaten Bone saat ini sudah digitalisasi itu karena memang ketuanya dipimpin Bupati Bone, lalu kemudian ketua hariannya dipimpin Sekda Bone, tapi tidak cukup sampai disitu, makanya hari ini kami hadir di tempat ini, pasar ini juga harus menjadi pasar digital saya kira itu bukan hal yang mustahil dan pasti bisa dicapai kalau ada sinergitas, kebersamaan, keinginan, kemauan dan kita semua yang ada di tempat ini untuk mendigitalisasikan Pasar Sentral Palakka.

“Melalui pasar digitalisasi atau QRIS ini, maka ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan, baik yang dirasakan pemerintah daerah dan begitupun para pedagang. Kemudian untuk langkah selanjutnya hal yang perlu dilakukan pemerintah daerah bagaimana mendigitalisasikan, mulai dari aparat pemerintah, termasuk TNI-Polri yang bisa menjadi contoh, jadi saya akan mengajak mensosialisasikan QRIS ini kepada seluruh aparatur sipil negara lingkup Pemerintah Kabupaten Bone bahwa ketika kita mau belanja gunakan QRIS,” terangnya.

Penulis : Ilyas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.